Jerawat Seperti Ini Bisa Jadi Adalah Tanda Dari Penyakit Herpes

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika jerawat yang sangat mengganggu penampilan ini ternyata bisa muncul di berbagai tempat. Tak hanya di wajah, area leher, punggung, hingga area kelamin bisa mengalami pertumbuhan jerawat yang membuat rasa tidak nyaman. Hanya saja, ada beberapa jenis jerawat yang ternyata harus diwaspadai karena bisa menandakan adanya penyakit herpes. Seperti apakah jenis jerawat ini?

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat, ternyata menyebutkan jika salah satu gejala herpes yang bisa kita kenali adalah adanya jerawat yang muncul pada area organ vital, rectum, atau mulut. Hanya saja, berbeda dari jerawat yang biasanya hanya berukuran kecil dan bertahan dalam beberapa hari saja, jerawat yang menjadi penanda adanya penyakit herpes berukuran lebih besar, lebih terasa nyeri, dan cenderung mampu bertahan hingga waktu yang sangat lama, yakni berminggu-minggu. Jerawat ini juga memiliki ciri khusus berupa warnanya yang cenderung lebih putih dan memiliki ujung yang sedikit kemerahan. Andai jerawat ini pecah, maka bekas luka yang ditinggalkan akan lebih mirip layaknya koreng yang tentu akan sangat mengganggu penampilan kita.

Tak hanya demam, herpes juga bisa menimbulkan berbagai gejala lainnya layaknya demam hingga adanya pembengkakan kelenjar. Andai ada bagian tubuh yang akhirnya mengalami infeksi, biasanya akan muncul sensasi terbakar yang sangat tidak nyaman.

Jika anda curiga pada salah satu atau beberapa jerawat yang sepertinya adalah gejala dari penyakit herpes, jangan sekali-kali menyentuh jerawat tersebut. Andai kita menyentuhnya atau bahkan berusaha untuk memecahkannya, dikhawatirkan kita justru akan membuat infeksi penyakit ini tersebar menjadi lebih banyak. Jika hal ini terjadi, herpes pun akan lebih sulit untuk disembuhkan.