Jerawat Pada Telinga

DokterSehat.Com – Sering kali kita merasakan daun telinga kita mengalami benjolan yang terasa sakit jika disentuh atau ditekan. Benjolan ini mirip sekali dengan jerawat yang ada di bagian wajah. Terkadang, jerawat ini berada di dekat dengan lubang telinga sehingga kita tentu akan kesulitan jika harus memakai headset untuk keperluan bekerja, mendengarkan musik, atau bahkan memakai alat bantu pendengaran. Kadang kala, jerawat yang ada pada daun telinga akan menyebabkan rasa nyeri yang bisa memicu pusing pada kepala. Apa sajakah penyebab dari masalah jerawat pada telinga ini?

doktersehat-wajah-pusing

Penyebab dari jerawat pada telinga ini sangatlah banyak. Namun, jika anda sering memakai pembersih telinga yang tidak steril, maka resiko mendapatkan jerawat pada telinga pun menjadi lebih besar. Beberapa jenis pembersih telinga terbuat dari bahan logam dan jika tidak dibersihkan dengan benar, maka telinga pun bisa terkena banyak kuman dan bakteri yang bisa memicu jerawat pada daun telinga. Sebaliknya, jika daun telinga anda kotor dan jarang dibersihkan dengan benar, maka telinga pun bisa dengan mudah mengalami masalah jerawat. Kita bisa memakai air atau cotton bud yang bersih untuk membersihkan telinga dengan baik.

Telinga juga bisa mengalami masalah berupa produksi minyak yang berlebihan sehingga menyebabkan jerawat pada daun telinga. Disamping itu, jika terdapat banyak sel kulit mati yang menumpuk pada daun telinga dan tidak dibersihkan, maka jerawat pun akan mudah muncul pada daun telinga. Faktor penyebab telinga bisa berjerawat lainnya adalah adanya luka atau iritasi pada telinga yang biasanya disebabkan oleh penggunaan anting atau piercing. Beberapa orang mengalam alergi pada emas atau logam sehingga daun telinga pun mengalami iritasi dan muncullah jerawat di area tersebut.

Baca Juga:  Jus Delima dapat memperlambat kanker prostat setelah perawatan

Agar jerawat tidak lagi mudah muncul di telinga, kita tentu harus menjaga kebersihan telinga dengan benar. Sabun pencuci muka bisa kita pakai untuk membersihkan area daun telinga. Disamping itu, untuk membilas telinga, ada baiknya kita memakai air hangat yang bisa membersihkan sel kulit mati. Jagalah juga kesehatan rambut mengingat rambut yang kotor juga bisa memicu jerawat pada daun telinga.