Jerawat, Masalah Kesehatan Paling Umum Usai Malam Tahun Baru

DokterSehat.Com – Di awal tahun baru 2017 ini, banyak dari kita yang masih mengantuk di pagi hari karena kurang tidur demi menikmati malam perayaan pergantian tahun. Selain rasa kantuk dan keinginan untuk malas-malasan, pakar kesehatan juga menyebutkan jika masalah kesehatan yang paling umum muncul usai malam tahun baru adalah munculnya jerawat. Mengapa jerawat kerap muncul setelah malam tahun baru?

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Pakar kesehatan dermatologi Jessica Krant, MD, MPH, dari SUNY Downstate Medical Center, menyebutkan jika karena kurang tidur, maka hormon stress dalam tubuh jumlahnya akan meningkat sehingga peradangan pada kulit pun akan menjadi semakin parah. Hal ini tentu akan berimbas pada masalah jerawat atau psoriasis. Meskipun kita bersenang-senang di malam pergantian tahun, dalam realitanya, tubuh kekurangan waktu istirahat dan hal ini bisa memicu stress. Selain itu, adanya polusi yang muncul dari asap rokok, kotoran, debu, atau bahkan debu dari kembang api juga bisa menambah stress yang ada pada kulit wajah kita.

Saat peradangan pada kulit wajah menjadi semakin parah, maka kolagen dan asam hyaluronic pada kulit lebih banyak yang pecah. Padahal, kedua bagian kulit ini memiliki pengaruh besar pada kecerahan sekaligus kekenyalan kulit. Andai hal ini terjadi, tak hanya jerawat, kulit kita juga bisa menjadi lebih sensitif dan beresiko mengalami alergi. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencukupi waktu tidur kita di tahun baru ini agar masalah kesehatan kulit ini tidak muncul.

Untuk memastikan wajah kita tidak mengalami masalah jerawat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mencuci muka hingga bersih sebelum kita tidur. Selain itu, pastikan kita mencukupi waktu tidur di siang hari tahun baru agar tingkat stress pada kulit juga berkurang. Andai jerawat akhirnya muncul, jangan memencetnya karena hal tersebut justru akan membuat peradangan menjadi semakin parah. Cukup dengan rutin membersihkannya atau membiarkannya saja, jerawat akan mereda dengan sendirinya.