Jerawat dan Komedo – Pengertian dan Gejala

Jerawat adalah masalah kulit yang dimulai ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori Anda. Jerawat atau disebut juga sebagai acne atau acne vulgaris, biasanya dapat disertai dengan komedo. Komedo sendiri ada yang “berkepala” putih maupun hitam. Bila Anda memiliki hanya beberapa bintik-bintik merah, Anda memiliki bentuk ringan dari jerawat. Jerawat yang parah dapat berarti ratusan jerawat yang bisa menutupi wajah, leher, dada, dan punggung. Atau bisa berupa benjolan yang lebih besar, padat, merah benjolan yang menyakitkan (kista).

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Jerawat sangat sering di kalangan remaja. Biasanya akan lebih baik setelah masa remaja. Beberapa wanita yang tidak pernah memiliki jerawat biasanya akan memilikinya ketika dewasa, seringkali tepat sebelum periode menstruasi mereka.

Bagaimana perasaan Anda tentang jerawat Anda mungkin tidak terkait dengan seberapa buruk itu. Beberapa orang yang memiliki jerawat yang parah tidak terganggu oleh itu namun ada juga dengan jerawat hanya satu atau dua merasa malu atau marah.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak perawatan yang baik yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Apa Saja Gejalanya?
Gejala jerawat termasuk komedo “berkepala putih”, komedo “berkepala hitam” dan jerawat. Hal ini dapat terjadi pada wajah, leher, bahu, punggung, atau dada, area pada tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak. Jerawat yang besar dan mendalam disebut lesi kistik. Ini bisa menyakitkan jika terinfeksi, juga dapat melukai kulit. Meskipun jerawat pada dasarnya adalah sebuah kejadian fisiologis yang normal, kondisi tertentu dapat memperburuknya, termasuk:

  • Kadar hormon yang berfluktuasi sekitar waktu menstruasi (perempuan)
  • Memanipulasi (memencet/ mendorong) jerawat
  • Pakaian (misalnya, topi dan olahraga helm) dan tutup kepala