Jerawat Bisa Semakin Parah Jika Kita banyak Meminum Susu Atau Makanan Manis

DokterSehat.Com – Semua orang tentu mengharapkan kulit wajah yang bersih, cerah, dan sehat. Namun, untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat kita tentu harus rajin-raijn membersihkan wajah dan menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam hal mengelola pola makan kita. Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi makanan, polusi udara, hingga perawatan kulit adalah faktor paling utama yang menentukan kebersihan dan kesehatan kulit wajah, khususnya dari masalah jerwaat.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Dr. Nick Lowe yang merupakan pakar kesehatan kulit mengungkapkan jika pola makan ternyata mampu memberikan pengaruh sangat besar pada masalah jerawat. Menurut beliau, jika kita banyak mengkonsumsi produk susu atau makanan manis yang kaya akan gula, kita akan beresiko tinggi memunculkan jerawat pada kulit wajah. Dr. Lowe menyebutkan jika kandungan gula dan susu ternyata memiliki kandungan glukosa dan lemak cukup tinggi dan bisa memicu beberapa jenis hormon yang menimbulkan jerawat pada wajah, punggung, hingga beberapa bagian tubuh lainnya bisa menjadi semakin aktif.

Sebuah penelitian pada tahun 2012 menyebutkan jika mereka yang memiliki kulit wajah berjerawat ternyata memiliki kecenderungan mengkonsumsi produk susu dan makanan manis dan kaya gula layaknya permen secara berlebihan. Dari penelitian ini, diketahui bahwa dengan mengubah pola makan dengan mengurangi makanan berlemak dan bergula, serta mencoba untuk mengkonsumsi makanan rendah glukosa, protein, dan lemak, maka kita bisa menagtasi masalah jerawat.

Pakar kesehatan juga sangat menyarankan kita untuk mulai memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Bagaimana tidak, kedua jenis makanan ini kaya akan vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang membantu kulit kita menjadi lebih sehat dan terbebas dari masalah stress yang bisa memicu depresi. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya dan selalu rajin membersihkan kulit wajah.