Jenis Tumor Otak Primer

DokterSehat.Com – Kanker otak merupakan sekelompok massa sel-sel otak yang tumbuh secara tidak normal dan dipertumbuhannya di luar kendali, sebagian besar kanker otak dapat menyebar melalui jaringan otak, tetapi jarang menyebar kearea lain dari tubuh.



Sebelum kanker otak itu terjadi, umunya seseorang didahului dengan kepemilikan tumor otak jinak, saat tumor otak jinak itu tumbuh dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak yang normal lainnya yang dapat mengakibatkan kefatalan pada kelumpuhan atau kerusakan otak yang sangat fatal.

Kanker otak dibedakan menjadi 2 jenis kanker yakni kanker otak primer (yaitu bermula di otak) dan kanker otak sekunder (bermula pada organ lain dalam tubuh seperti paru-paru atau payudara dan kemudian menyebar ke otak).

Untuk tumor primer terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :

  • Astrocytoma, kanker otak yang terdapat pada sel-sel neuroglia astrosit dan memiliki bentuk bintang.
  • Glioma, kanker otak yang terdapat pada sel-sel glia atau neuroglia, tisu yang mengelilingi dan mendukung neuron atau sel-sel saraf otak. Glioma adalah kanker otak yang paling banyak dimana meliputi 50% tumor otak primer.
  • Medulloblastoma, tumor otak yang terdapat pada otak kecil dan menyebar dengan cepat ke jaringan sekitarnya, terutama di cairan serebrospinal dan batang otak. Medulloblastoma adalah tumor ganas yang sering terjangkit pada anak.
  • Ependymoma, kanker otak yang terdapat pada ependyma atau membran epitel yang melapisi ventrikel otak dan kanal tulang belakang.
  • Glioma batang otak, kanker otak yang terdapat pada bagian otak yang berisi medula oblongata, pons varolii, dan otak tengah,  bagian otak yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke otak.
  • Meningioma, tumor otak yang terdapat pada meninges atau membran otak dan sumsum tulang belakang. Jenis tumor meningioma biasanya jinak dan tumbuh dengan lambat sehingga terlambat untuk dideteksi.
  • Adenoma hipofisis, tumor otak yang terjadi pada kelenjar hipofisis dan dasar otak dan ini termasuk dalam tumor jinak.
  • Neurinoma, tumor otak yang terdapat pada fosa posterior. Saraf kranial kedelapan, yang menyampaikan indera pendengaran dan keseimbangan.
  • Limfoma, tumor otak yang terjadi pada limfosit (sel yang memiliki tugas untuk pertahanan tubuh). Tumor ini  termasuk tumor ganas yang berasal dari jaringan limfoid. Tumor ini sering terjadi pada pasien dengan AIDS dan pasien imunosupresi.