Jenis Teh yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

DokterSehat.Com– Menjaga kadar kolesterol tetap normal merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, saat kolesterol tinggi, tubuh akan rentan terserang sejumlah penyakit kronis. Tentu saja kondisi yang demikian akan merugikan Anda. Namun, jangan khawatir karena sejumlah makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami. Salah satunya adalah teh. Teh merupakan salah satu minuman yang memiliki beragam kandungan bahan bermanfaat untuk tubuh. Berikut sejumlah jenis teh yang ampuh turunkan kadar kolesterol.

1. Rooibos Tea

Dilansir dari laman One How To, salah satu jenis teh yang dapat menurunkan koletserol secara alami adalah rooibos tea. Rooibos tea mengandung bahan yang diseut dengan lovastatin. Bahan inilah yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah.

2. White Tea

Teh lainnya yang ampuh menurunkan kadar kolesterol Anda adalah white tea. White tea bahkan diklaim sebagai salah satu teh paling ampuh dalam mencegah kolesterol. Hal ini rupanya berubungan dengan adanya kandungan antioksidan dan catechin pada white tea yang dapat mengeluarkan zat beracun dan mengurangi jumlah lemak pada tubuh.

3. Milk Thistle Tea

Mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengenal jenis teh satu ini. Sebagai tambahan informasi, milk thistle tea ini rupanya berperan penting dalam meningkatkan kadar kolesterol baik pada darah. Tidak heran jika kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah secara otomatis akan menurun.

4. Green Tea

Teh yang berasal dari Jepang ini mengandung catechin polyphenols yang ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi green tea secara rutin juga mencegah terjadinya pembekuan darah yang kerap terjadi saat Anda mengidap kolesterol tinggi.

Wah, siapa yang menyangka ternyata kolesterol tinggi dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi teh. Kendati demikian, Anda juga harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk mencegah kadar kolesterol meningkat. Jika Anda tengah mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu.