Jenis-Jenis Teh Hijau yang Dapat Digunakan untuk Merawat Kulit

doktersehat-jenis-teh-hijau-dan-manfaatnya-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Beberapa tahun belakangan banyak bermunculan produk perawatan kulit yang dilengkapi dengan kandungan teh hijau alias green tea di dalamnya. Mungkin banyak dari Anda yang hanya mengetahui salah satu jenis teh hijau, yakni matcha. Apalagi matcha merupakan salah satu jenis teh hijau yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, siapa yang akan menyangka jika teh hijau terbagi menjadi beberapa jenis yang juga memiliki masing-masing manfaat baik, terutama dalam merawat kesehatan kulit.

1. Sencha

Sencha merupakan jenis teh hijau yang paling umum dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Kendati jenis teh hijau satu ini mengalami proses fotosintesi yang lebih singkat, sencha mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan bahan aktif yang dapat meningkatkan imunitas sel kulit sehingga kulit akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari serangan bakteri mau pun penyakit kulit. Kulit juga akan terasa lebih segar dan lembap.

2. Gyokuro

Dilansir dari laman Big Flag Tea, teh hijau dengan rasa manis kerap disebut dengan nama gyokuro. Gyokuro sendiri mengandung asam amino yang disebut dengan theanine. Theanine pada gyokuro terbentuk saat proses pemanenan teh hijau yang dilakukan tiga minggu sebelum amsa panen. Kandungan inilah yang menjadikan gyokuro menstimulasi proses regenerasi sel kulit serta memperbaiki jaringan tisu yang rusak.

3. Tencha

Jenis lainnya dari teh hijau yang wajib Anda ketahui adalah tencha. Kendati dipanen tiga minggu sebelum masa panen, tencha mengalami proses pengolahan yang berbeda dari gyokuro. Hal inilah yang membuat tencha rupanya diperkaya dengan kandungan nutrisi, vitamin dan mineral. Bahkan, mengonsumsi tencha secara rutin dapat merejuvenasi sel kulit. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih sehat dan glowing.

Di balik kesegaran teh hijau, siapa yang akan menyangka jika teh satu ini ternyata terbagi menjadi beberapa tipe. Usut punya usut, pembagian tipe atau jenis teh hijau rupanya dilakukan berdasarkan masa panen, cara panen dan cara pengolahannya. Kendati demikian, masing-masing jenis memiliki kandungan bahan aktif yang membantu dalam menjaga kesehatan kulit.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik