Jenis Superfood Yang Dapat Menjaga Kulit Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Superfood memiliki banyak manfaat, salah satunya ikut menjaga kulit tetap sehat. Meski demikian, superfood bukanlah solusi tunggal dalam mengatasi masalah penuaan, banyak faktor lain yang ikut berperan secara bersama-sama, antara lain menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, dan sebagainya.



Diet yang mengandung superfood dapat diandalkan untuk menjaga kulit anda tetap sehat, sehingga anda menjadi nampak awet muda. Kulit yang sehat, kencang dan mulus dapat mengesankan bahwa anda lebih muda dari usia sebenarnya, begitu juga kulit yang memiliki banyak kerutan mungkin mengesankan anda lebih tua dari usia sebenarnya.

Kesehatan kulit banyak dipengaruhi berbagai faktor seperti matahari, polusi, cuaca ekstrim dan iritasi lainnya, hal ini membutuhkan banyak suplai antioksidan untuk membantu melindunginya.

Berikut adalah beberapa jenis superfood yang dapat membantu melindungi kesehatan kulit anda :

  • Alpha-lipoic acid (ALA)
    ALA (Alpha-lipoic acid) merupakan asam lemak yang dibuat oleh tubuh dan ditemukan dalam makanan seperti brokoli dan bayam. Meskipun tubuh memproduksi ALA, tetapi tidak mencukupi untuk membantu untuk memerangi penyakit dan peradangan. Selain itu, produksi ALA juga berkurang seiring bertambahnya usia, jadi pastikan anda menjaga kadar ALA dari asupan makanan sehari-hari. Alpha-lipoic tidak hanya memiliki sifat antioksidan, tetapi juga dapat membantu mendaur ulang beberapa vitamin dan antioksidan lainnya.
  • Bioflavonoid
    Kadang-kadang, bioflavonoid dikenal juga sebagai “vitamin P” karena banyaknya manfaat yang dikandungnya. Bioflavonoid merupakan pigmen yang ditemukan dalam kulit buah dan sayuran berwarna . Pigmen ini mengandung antioksidan yang terkonsentrasi dan lebih powerfull dari vitamin. Bioflavonoid dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dan mengurangi kerusakan kolagen pada kulit.
  • Seng dan selenium
    Seng, yang merupakan zat aktif dalam sintesis kolagen, juga merupakan bahan tambahan umum untuk tabir surya dan lotion kulit. Biji labu adalah sumber yang sangat baik dari seng, seperti juga kacang-kacangan. Selenium menunjukkan efek antioksidan yang dapat digunakan untuk mengurangi kanker kulit. Selenium ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan.
  • Vitamin A, E, dan C
    Merupakan bahan yang umum ditambahkan ke dalam krim perawatan kulit karena dapat membantu melindungi kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Makanan yang mengandung kadar tinggi dari vitamin ini adalah wortel (vitamin A); kacang-kacangan dan biji (vitamin E); bayam (vitamin A dan E), dan brokoli, stroberi, dan jeruk (vitamin C).