Jenis Penyakit Pernapasan Yang Menular

DokterSehat.Com – Penyakit menular melalui saluran pernapasan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya. Penyakit ini beragam jenis, mulai dari gangguan pernapasan ringan hingga yang dapat merenggut korban jiwa. Penyakit saluran pernapasan dibedakan menjadi penyakit saluran pernapasan yang tidak menular (diakibatkan oleh tingkat pencemaran udara, alergi terhadap barang tertentu) dan penyakit saluran pernapasan yang menular, sehingga mudah di tularkan melalui udara sebagai kontak langsung atau tidak langsung dengan penderita. Penyakit saluran pernapasan yang tidak menular contohnnya polip hidung, kanker hidung, kanker nasofaring, sedangkan penyakit saluran pernapasan yang menular misalnya influenza dan TBC.

doktersehat-sakit-paru-dada

Berikut ini beberapa penyakit pernapasan yang menular:

  1. Tuberkulosa atau TBC
    Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang saluran pernapasan, sistem peredaran darah, saluran limfe dan menyerang bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui bakteri di udara, air liur. Oleh karena itu bagi penderita TBC sangat disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari yang lainnya. Penyakit TBC memiliki gejala batuk yang berkepanjangan atau menahun, berkeringat pada malam hari, berat pada yang turun secara drastis
  1. Influenza
    Influenza atau flu adalah penyakit yang paling sering ditemui dan paling mudah menular. Flu dapat disebarkan melalui virus yang berterbangan di udara. Gejala yang dapat ditemui adalah hidung meler (berair), demam, batuk, bersin, sakit tenggorakan.
  1. Pneumonia
    Pneumonia atau yang dikenal sebagai radang paru – paru memiliki tiga penyebab, yaitu bakteri, virus dan jamur. Gejala yang terjadi pada penderita Pneumonia adalah demam, otot kaku, nyeri pada dada, sesak napas, batuk, jantung berdetak kencang.
  1. SARS
    Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS adalah salah satu penyakit pernapasan akut. Penyebab penyakit SARS diketahui berasal dari virus corona dan paramoxviridae. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah suhu badan yang lebih dari 38°C derajat, batuk, sulit bernapas dan napas pendek-pendek, sakit kepala, otot kaku, diare, bintik-bintik merah pada kulit, serta badan lemas beberapa hari.
Baca Juga:  Beberapa Jenis Rasa Sakit Yang Sebaiknya Tidak Kita Abaikan

Itulah beberapa jenis penyakit pernapasan yang dapat menular dan menyebar dengan mudah. Pola hidup sehat, olahraga, makanan sehat serta daya tahan tubuh yang baik dapat mencegah tertularnya akan berbagai macam penyakit ini.