Jenis Olahraga Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

DokterSehat.Com – Memang serba salah kalau jadi penderita penyakit asam urat! Banyak hal yang tidak boleh dilakukan dengan alasan agar kondisi pengapuran asam di persendian tidak menjadi semakin parah. Bukan hanya makanan yang harus dibatasi, kita pun harus selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, dan yang lebih harus diperhatikan lagi adalah olah raga yang dihindari penderita asam urat, agar jangan sampai kegiatan untuk menyehatkan badan tersebut hanya berujung penderitaan.



Untuk tambahan wawasan bagi Anda, maka artikel kali ini akan mencoba membahas tentang beberapa jenis olahraga yang dimaksud. Khususnya bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat, maka info tentang olahraga yang dihindari penderita asam urat ini merupakan info penting yang harus diketahui.

Secara umum, ada 4 jenis olah raga yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, yaitu :

  • Bulutangkis
  • Beladiri
  • Tennis
  • Voli

Alasan utama yang mendasari olah raga tersebut termasuk ke dalam kategori olahraga yang dihindari penderita asam urat adalah aktivitas dan gerakannya sangat mengharuskam pelakunya agar memiliki persendian yang kuat serta gerakan yang spontan dan dinamis. Bulutangkis misalnya, kecekatan dan kecepatan Anda dalam bergerak dalam mengejar shuttle cock sangat dibutuhkan, demikian juga dengan olahraga tennis, voli, dan bela diri.