Jenis Olahraga Untuk Penderita Myopia

DokterSehat.Com – Sehubungan dengan Hari Penglihatan Sedunia, maka hari ini Hello Doctor Indonesia akan membahas mengenai olahraga untuk penderita Myopia. Myopia atau Rabun Jauh adalah salah satu kondisi mata yang sangat umum ditemui. Para penderita rabun jauh akan sulit melihat benda-benda yang terletak agak jauh dari pandangan matanya. Kondisi ini dapat diderita seumur hidup atau dapat juga hilang. Kesulitan memfokuskan pandangan pada obyek yang jauh disebabkan oleh melemahnya pandangan yang timbul karena kondisi anatomi bawaan yang tidak normal. Untuk menanggulangi hal ini, penderita dapat mengambil beberapa cara. Cara yang laing umum adalah dengan menggunakan kacamata dan lensa kontak. Ada pula yang lebih suka menempuh cara operasi untuk memperbaiki pandangan matanya.



Yang banyak orang tidak sadari adalah bahwa salah satu organ pada mata adalah otot dan otot harus dilatih secara rutin agar tetap berada dalam kondisi baik. Berikut beberapa latihan mata yang bisa Anda lakukan di rumah dan dapat memperbaiki daya penglihatan Anda :

  • Memandang sekeliling ruangan
    Cari tempat duduk yang nyaman. Pastikan Anda duduk di ruangan atau tempat yang banyak mengandung benda-benda yang bisa dilihat. Mungkin bisa dilakukan di ruang tengah atau bahkan di taman. Pilih satu sisi dan mulailah memindai dengan perlahan setiap benda-benda yang ada. Pandang setiap benda dengan seksama, pastikan Anda menatap masing-masing benda secara keseluruhan , lalu pindah ke benda berikutnya. Agar berhasil, Anda harus melihat dengan gerakan lamban dan mantap. Latihan ini akan membantu Anda berfokus pada benda yang jauh dan dekat dari Anda.
  • Latihan dengan pensil II
    Duduklah dengan punggung tegak, Kali ini, pegang pensil menjauh dari mata sampai pensil tersebut menjadi ganda dalam pandangan Anda. Pada posisi ini tahan pensil dalam genggaman. Kemudian bayangkan ada 9 kotak dan pensil berada di kotak paling tengah,

    Sekarang gerakkan pensil memasuki setiap kotak-kotak bayangan tadi. Setiap kali berpindah, pandangan mata Anda akan mengikutinya, lalu kembali lagi ke tengah. Lakukan latihan ini setidaknya sekalii dalam sehari. Anda akan mulai melihat perubahan positif pada pandangan mata Anda.

  • Latihan fokus
    Untuk latihan ini Anda harus duduk dan Anda memerlukan sebatang pensil.  Pegang pensil sekitar 15 cm jauhnya dari ujung hidung Anda. Jangan pandang pensil tsb, lalu dengan cepat pandang pensil lalu alihkan pandangan ke sebuah obyek yang terletak di sisi lain ruangan. Lakukan ini selama beberapa detik lalu alihkan pandangan kembali ke pensil selama beberapa detik. Lakukan proses ini 10 kali setiap hari. Setelah pandangan mata membaik, ganti fokus mata ke benda lain yang jaraknya lebih jauh.
  • Latihan dengan bantuan jari
    Latihan ini dapat membantu Anda berfokus pada benda yang jauh dari Anda. Anda harus berdiri di tengah ruangan dan punggung harus tegak menghadap sebuah lukisan di dinding lalu acungkan jari telunjuk Anda beberapa cm dari hidung Anda. Fokuskan pandangan pada ujung jari dan pastikan mata Anda benar-benar terfokus sebelum melakukan langkah selanjutnya.

    Sekarang dengan cepat alihkan pandangan Anda  ke lukisan di dinding. Mula-mula lukisan akan mengalami distorsi dalam pandangan Anda. tetaplah menatapnya sampai akhirnya pandangan terfokus pada lukisan. Lama-kelamaan, setelah mulai terbiasa, tambah jarak antara Anda dengan lukisan tersebut.