Jenis Makanan Yang Baik Untuk Sistem Pencernaan

DokterSehat.Com – Sistem pencernaan yang sehat dan terjaga dengan baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sistem pencernaan sangat penting bagi tubuh kita karena sistem pencernaaan lewat sistem pencernaan itulah makanan yang kita makan diubah menjadi energi. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita tentunya kita harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Hal yang paling sering menjadi penyebab masalah pada sistem pencernaan adalah karena pola makan kita yang tak sehat juga makanan yang kita konsumsi juga tak sehat.

4363072620_844407ab69_b

ntuk menghindari terjadinya masalah pada sistem pencernaan kita. Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan kita, berikut makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan kita :

• Buah apel
Apel adalah buah yang kaya akan manfaat. Apel mengandung vitamin C, vitamin A, folat, mineral, kalium dan fosfor. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada apel tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Apel dapat menurunkan maslaah konstipasi serta meningkaakn rasa kenyang. Apelm juga mengandung pectin yang membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga membantu usus untuk berfungsi maksimal.

• Ubi jalar
Ubi jalar mungkin makanan yang kerap dianggap sebelah mata kebanyakan orang. Namun perlu anda ketahui jika ubi jalar memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh, salahh satunya untuk kesehatan sistem pencernaan. Ubi jalar mengandung serat, karbohidrat kompleks dan mangan yang membantu mengobati tulak lambung serta masalah pada sistem pencernaan lainnya.

• Alpukat
Buah alpukat juga termasuk buah yang kaya akan serat. Buah alpukat sangat mudah dicerna dan mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga:  Polusi Udara Ternyata Membunuh Lebih Banyak Orang Dari Yang Kita Kira

• Buah bit
Buah bit baik dikonsumsi bagi anda yang menderita sembelit dan gangguan perut lainnya. Sama dengan halnya pisang, buah bit juga banyak mengandung serat serta kalium dan magnesium yang dapat membantu mebersihkan sistem pencernaan yang tercemar oleh makanan yang tak sehat.

• Pisang
Pisang merupakan buah yang sangat baik sekali untuk pencernaan. Pisang dapat menyembuhkan diare sebab pisang akan membantu mengembalikan jumlah elektrolit dan kalium yang hilang karena dikeluarkan secara terus-menerus selama diare. Pisang juga kaya akan serat yang dibutuhkan sistem pencernaan.