Jenis Makanan Sebelum Olahraga

Dokter Sehat – Berolahraga akan memastikan tubuh Anda selalu aktif bergerak sehingga otot tubuh terlatih dengan baik, sirkulasi darah menjadi lancar dan kesehatan jangka panjang pun bisa Anda dapatkan. Mencukupi asupan nutrisi tubuh saat berolahraga sama pentingnya dengan olahraga yang Anda lakukan, hal ini penting untuk memastikan bahwa tubuh Anda benar-benar mendapatkan bahan bakar yang cukup untuk berolahraga.

6

Jenis-jenis makanan yang baik di konsumsi sebelum olahraga :

1. Karbohidrat, protein atau lemak?
Jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah yang memberikan energi secara instan, sehingga dapat memberikan bahan bakar untuk melakukan aktifitas berat seperti olahraga. Karbohidrat dapat memberikan energi kepada tubuh secara instan untuk melakukan aktifitas, untuk protein dan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat dicerna secara sempurna sehingga beresiko mengalami masalah pencernaan pada saat olahraga. Untuk sumber karbohidrat yang mudah dicerna adalah yang berasal dari buah seperti pisang, mangga, nanas, dan buah smoothie.

2. Karbohidrat olahan atau kompleks
Konsumsi karbohidrat sebelum berolahraga tidak harus menggunakan karbohidrat olahan seperti roti, biscuit, dan kue. Lebih baik memilih karbohidrat komplek yang banyak mengandung serat seperti sayuran, buah-buahan serta biji-bijian. Karbohidrat komplek selain kaya akan serat juga banyak mengandung antioksidan, mineral dan vitamin yang membuat jenis makanan ini sangat baik untuk di konsumsi sebelum berolahraga.

3. Minum air putih
Aktifitas olahraga pasti sangat banyak mengeluarkan keringat yang dapat menyebabkan banyaknya kehilangan cairan tubuh dan dehidrasi, dehidrasi pada tubuh dapat menyebabkan kram, sakit kepala dan kelelahan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk konsumsi air putih sebelum berolahraga.

4. Konsumsi Sodium
Pada saat berolahraga banyak cairan elektrolit tubuh yang terbuang seperti natrium, oleh karena itu perlu konsumsi minuman yang seperti air kelapa atau minuman elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh sebelum mulai berolahraga.