3 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Tetap Bikin Kenyang

Makanan-alami-detoks-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Stacy Spensley

DokterSehat.Com-Anda sedang membatasi asupan kalori dalam tubuh, namun tak ingin tubuh jadi kelaparan? Wah, hal tersebut memang seakan sulit dilakukan, ya.

Akan tetapi, tahukah Anda jika dengan pemilihan bahan makanan yang tepat, maka keinginanan Anda untuk tetap kenyang saat sedang membatasi kalori bisa dilakukan?

Ya, ternyata Anda bisa kok tetap merasa kenyang meskipun sedang diet rendah kalori, bagaimana caranya?

diet-noom-doktersehat
photo credit : pexels.com

Pemilihan makanan menjadi kunci dalam memenuhi keinginan tersebut, untuk itu, yuk sama-sama kita simak bagaimana cara memilih makanan yang tepat agar tetap kenyang dengan bahan makanan yang rendah kalori!

Tips memilih bahan makanan saat diet rendah kalori

Saat melakukan pengurangan asupan kalori, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah tubuh tidak boleh kekurangan asupan gizi dan vitamin.

Hal ini menjadikan kita juga harus mampu memilih mana saja bahan makanan yang rendah kalori, namun tetap memiliki kandungan gizi yang tetap dibutuhkan tubuh.

Bahan makanan yang rendah kalori, umumnya adalah bahan makanan yang berasal dari tanaman, atau plant based food.
makanan-penurun-asam-urat-doktersehat

Tidak hanya rendah kalori, makanan dari tanaman juga memiliki banyak memiliki kandungan serat yang bisa memberikan efek berupa rasa kenyang dalam tubuh.

Makanan dari tanaman pun dilengkapi dengan asupan vitamin dan mineral yang tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Sehingga, sebagian besar bahan makanan yang bisa dipilih untuk dikonsumsi untuk diet rendah kalori dan tetap mengenyangkan adalah makanan yang berasal dari tanaman, ya.

Lalu, apa saja pilihan makanan rendah kalori yang tetap bisa mengenyangkan tubuh?

Beberapa pilihan bahan makanan yang bisa dipilih saat diet rendah kalori, adalah:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral serta serat, kombinasi kandungan gizi yang ada pada sayuran hijau ini menjadikan sayuran hijau bisa tetap mengenyangkan tanpa menambah banyak kalori dalam tubuh.

Bayam-dan-kangkung-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/David Jackmanson | Flickr.com/Masnarang

Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau dalam jumlah yang cukup banyak, misalnya untuk sayuran hijau berdaun seperti bayam, kangkung, atau sawi.

2. Kacang-kacangan

Mirip dengan sayur, kacang menjadi pilihan makanan dari tanaman yang banyak mengandung zat gizi dan serat dalam tubuh.

doktersehat-edamame-kacang-polong
Photo Credit: viviandnguyen_

Hal ini membuat kacang, utamanya dalam bentuk segar, memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Anda bisa tetap kenyang tanpa khawatir akan asupan kalori dalam tubuh menjadi berlebihan, jika memilih kacang segar sebagai camilan atau tambahan dalam masakan Anda.Utamakan konsumsi kacang, misalnya jenis kacang edamame rebus yang rendah lemak dan tinggi serat.

3. Biji-bijian

Meskipun kecil, biji-bijan punya manfaat yang luar biasa untuk tubuh, lho. Mirip dengan kacang, biji-bijan juga bisa Anda jadikan bahan makanan tambahan untuk tetap kenyang.

doktersehat-manfaat-flaxseed-untuk-kulit
Photo Credit: flickr.com/Alisha Vargas

Biji-bijian bisa memberikan asupan serat dan fitonutrien yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Anda bisa menambahkan biji-bijian, misalnya flaxseed, atau biji bunga matahari, di dalam roti, jus, atau salad yang Anda konsumsi. Hal ini cukup efektif memberikan asupan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, itu dia 3 jenis bahan makanan yang bisa memberikan rasa kenyang, meskipun kita sedang melakukan diet rendah kalori.

Makanan di atas bisa jadi pilihan camilan atau tambahan bahan makanan untuk masakan, jajanan, atau minuman yang Anda konsumsi, bukan?

Jangan lupa, Anda tetap perlu memenuhi asupan gizi harian lainnya yang juga penting saat sedang membatasi asupan kalori, yaitu asupan protein dan karbohidrat yang cukup, agar tubuh tidak kekurangan gizi, ya.