Jenis Mainan Anak yang Baik untuk Perkembangannya

DokterSehat.Com – Mainan adalah salah satu media pembelajaran bagi  anak. Selain mainan dapat digunakan untuk mengisi kegiatan sang anak, mainan pun dapat menjadi sarana anak untuk mempelajari berbagai macam hal. Sekarang ini banyak beredar di masyarakat berbagai bentuk macam mainan anak, berbagai macam pula fungsinya, ada mainan yang dapat meningkatkan perkembangan anak ada pula yang menurunkan kreatifitas anak. Disini peran orang tua dan keuarga sangatlah penting. Masa kanak kanak merupakan golden period bagi kehidupan si anak kelak. Disinilah akan terbentuk suatu karakter dari diri si anak yang akan menjadi suatu jati dirinya kelak. Berikut adalah beberapa mainan dan manfaat yang dapat diambil dari permainan tersebut:

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Mainan tentang aktivitas sehari-hari

Imajinasi anak perlu dikembangkan untuk melatih kreativitas serta kemampuan bersosialisasi yang baik. Pilihlah mainan anak yang mirip dengan aktivitas sehari-hari, misalnyan set mainan masak-masakan, peralatan untuk bermain dokter-dokteran, sepasang telepon.

Mainan-mainan ini membuat mereka dekat dengan kehidupan sehari-hari di sekitar mereka. Permainan seperti ini sebaiknya dimainkan bersama, bukan sendirian.

Mainan anak yang memerlukan pemecahan masalah

Jenis permainan yang melatih anak untuk memecahkan masalah misalnya puzzle serta permainan memasukkan benda sesuai bentuk dan warnanya. Selain melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, permainan tersebut juga melatih konsentrasi.

Permainan yang merangsang kreativitas

Permainan yang dapat merangsang kreativitas dan logika anak misalnya lego atau menyusun blok. Selain itu, menggambar atau mewarnai juga melatih kreativitas anak. Begitu pula lilin mainan atau tanah liat.

Bola

Bermain dengan bola berukuran apapun membantu perkembangan koordinasi tangan, kaki, dan otak. Bila dimainkan bersama-sama, bermain bola melatih interaksi sosial anak, serta mengajarkan anak tentang menang dan kalah.  Selain itu, bermain bola bersama juga mengajarkan anak tentang adanya giliran atau bergantian dalam bermain, sehingga anak belajar menghargai orang lain.

Baca Juga:  Pria Gay Tidak Diperbolehkan Mendonorkan Darah Terkait Penembakan di Orlando

Mainan anak yang bermusik

Mengajak anak bernyanyi sambil menggerakkan badan atau menari dapat menambah koordinasi anggota badan serta menstimulasi memori serta interaksi sosial. Lebih baik lagi bila dari DVD karena anak dapat meniru gerakan pada video klip. Tapi pilihlah lagu yang sesuai dengan usia anak, karena terkadaang lirik dari lagu tersebut kurang sesuai apabila dinyanyikan oleh anak anak.