Jenis Macam Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Jantung merupakan organ utama yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang harus anda waspadai.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Seperti yang sering kita jumpai banyak korban meninggal seketika akibat serangan jantung, bahkan penyakit ini merupakan empat penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan kematian selain kanker, diabetes, dan paru kronis. Untuk mengantisipasinya kita perlu mengetahui jenis-jenis penyakit jantung, gejala, dan penyebabnya agar jantung kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit ini.

Macam-macam penyakit jantung:

  • Infark miokard akut (akut miokard infark)
    Yang dimaksud dengan infark miokard akut ini adalah merupakan kematian dari otot jantung oleh karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner jantung itu sendiri, padahal kita tahu bahwasannya fungsi pembuluh darah koroner adalah memberikan nutrisi ke otot jantung untuk bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Bila fungsinya terhambat, terganggu bahkan sampai tidak berfungsi maka akan berakibat fatal. Karena adanya penyumbatan ini, maka pembuluh darah koroner yang berperanan besar dalam menyuplai darah dan oksigen akan mengalami kerusakan bahkan sampai kematian mendadak.
  • Gagal jantung (gagal jantung kongestif/CHF)
    Pengertian gagal jantung kongestif CHF ini secara mudahnya adalah ketidakmampuan organ jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh, padahal salah satu dari fungsi jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Bila telah mengalami kegagalan atau hambatan dalam memompa dan mensuplai darah dan oksigen pada tubuh, maka penderita akan mengalami akan tanda gejala gagal jantung seperti halnya pembengkakan pada daerah kaki, seringkali merasakan tidak nyaman di dada atau nyeri dada, sering merasa cepat capai dan lain sebagainya.
  • Penyakit katup jantung
    Penyakit katup jantung ini adalah merupakan suatu jenis penyakit jantung yang didapat semenjak lahir oleh seorang anak, atau juga lebih mudah dikenal dengan penyakit jantung bawaan. Pada anak kita mengenal akan penyakit jantung ASD, VSD dan macam lainnya. Kelainan pada katub jantung ini bisa berupa kebocoran (regurgitasi), penyempitan pengecilan katup jantung (stenosis), dan juga prolaps (katup jantung tidak menutup secara sempurna). Ini adalah termasuk dalam gangguan kelainan jantung.
  • Aterosklerosis
    Penyakit jantung jenis ini kelainannya adalah penebalan dinding arteri sebelah dalam karena endapan plak (berupa lemak dan kolesterol) sehingga menghambat serta menyumbat pasokan darah ke sel-sel otot, aterosklerosis dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Bila terjadi pada dinding arteri jantung, maka disebut penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik.
  • Penyakit jantung rematik
    Rheumatic Heart Desease ini adalah juga bagian dari penyakit jantung anak-anak, karena memang sebagian besar pengidapnya adalah masih dalam usia anak-anak, dan ini adalah meyerang pada katup-katup jantung juga. Penyebab penyakit jantung rematik adalah bakteri streptokokus dan dan terfokus pada kerusakan dalam katup jantung karena demam rematik yang berkelanjutan pada diri anak.
Baca Juga:  Bahaya Pria Cenderung Mengabaikan Gejala Penyakit

Penyebab penyakit jantung pada umumnya adalah akibat pola hidup kita yang kurang sehat, kecenderungan penderitanya adalah mereka yang memiliki gula darah tinggi, kolesterol, tekanan darah tinggi, kegemukan (obesitas), dan para perokok. Hal itu mengakibatkan tumbuhnya benjolan kecil di dalam pembuluh darah, benjolan ini disebut plak dan terbentuk karena kolesterol, lemak, dan sel yang tumbuh berlebihan pada lapisan pembuluh darah otot. Plak ini mulai terbentuk sejak muda kadang semasa kanak-kanak.

Penyebab serangan jantung paling umum adalah penyumbatan (oklusi) arteri koroner setelah pecahnya plak aterosklerotik, yaitu tumpukan lipid (asam lemak) dan sel-sel darah putih pada dinding arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Plak yang pecah menciptakan gumpalan-gumpalan bekuan darah, jika bekuan cukup besar maka dapat menutup sebagian atau seluruh arteri, yang mengakibatkan serangan jantung.