Kanker Pankreas – Jenis Kemoterapi

Pada interval tertentu saat seseorang menerima perawatan, pemeriksaan pencitraan diulang untuk membantu mengevaluasi apakah tumor semakin kecil atau lebih besar. Jika suatu saat datang ketika tumor tumbuh meskipun sudah kemoterapi, ini mungkin menunjukkan bahwa kanker telah menjadi kebal terhadap terapi khusus ini dan rencana alternatif perlu dipertimbangkan.

doktersehat-jenis-kemoterapi

Obat kemoterapi berikut dapat dimasukkan sebagai bagian dari rejimen pengobatan tergantung pada stadium kanker pankreas:

  • S-1, agen oral kemoterapi baru, dapat menggantikan gemcitabine (lihat di bawah) sebagai obat kemoterapi yang paling efektif untuk mengobati kanker pankreas.
  • Gemcitabine (Gemzar): Gemcitabine diberikan secara intravena sekali seminggu selama 7 minggu (atau sampai batas toksisitas pengobatan), dan kemudian dihentikan selama 1 minggu. Kemudian, siklus gemcitabine dilanjut lagi setiap minggu selama 3 minggu berturut-turut diikuti dengan 1 minggu libur. Obat ini memiliki efek langsung pada sel kanker dan biasanya diberikan sendiri untuk pengobatan kanker pankreas metastatik. Efek sampingnya meliputi kelelahan, mual, peningkatan risiko infeksi karena pengaruhnya terhadap sistem kekebalan tubuh, dan anemia.
  • Fluorouracil (5-FU): Fluorouracil biasanya diberikan secara intravena sebagai infus kontinu dengan menggunakan pompa obat. Obat ini memiliki efek langsung pada sel kanker dan biasanya digunakan bersamaan dengan terapi radiasi karena membuat sel kanker lebih peka terhadap efek radiasi. Efek sampingnya meliputi kelelahan, diare, sariawan , dan sindroma tangan dan kaki (kemerahan, mengelupas, dan nyeri di telapak tangan dan telapak kaki).
  • Capecitabine (Xeloda): Capecitabine diberikan secara lisan dan diubah oleh tubuh menjadi senyawa yang serupa dengan 5-FU. Capecitabine memiliki efek yang sama pada sel kanker seperti efek dari 5-FU dan juga umumnya digunakan dalam kombinasi dengan terapi radiasi. Efek sampingnya mirip infus 5-FU intravena.
  • Oxaliplatin: Ini telah digunakan dalam kombinasi dengan 5-FU. Hal ini dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak biasa pada sistem saraf, termasuk sensitivitas dingin.
  • Irinotecan: Ini telah digunakan bersamaan dengan 5-FU dan oxaliplatin dalam kombinasi dengan FOLFIRINOX. Hal ini dapat menyebabkan diare pada beberapa kasus.
  • Nab-paclitaxel (Abraxane): Ini juga menunjukkan beberapa manfaat dalam kombinasi kemoterapi untuk penyakit ini. Agen ini juga dapat menurunkan jumlah sel darah, seperti semua agen kemoterapi yang dibahas sebelumnya.
Baca Juga:  Kanker Pankreas - Tindak Lanjut, Pencegahan, dan Prognosis

Saat ini, banyak obat lain sedang diselidiki untuk pengobatan kanker pankreas. Obat ini termasuk bevacizumab, vatalanib, cetuximab, dan erlotinib. Apakah salah satu obat ini akan memperbaiki hasil yang didapat dengan gemcitabine saja belum diketahui. Obat lain seperti S-1 dapat ditemukan untuk meningkatkan masa bertahan hidup. Pendaftaran dalam uji klinis dianjurkan.

Obat tersedia untuk mengurangi efek samping dari perawatan. Jika efek samping terjadi, ahli onkologi harus diberi tahu sehingga segera ditangani. Ahli onkologi juga memonitor darah dan urin untuk tanda-tanda toksisitas.

Pancrelipase (pengganti enzim pankreas) dapat diberikan jika fungsi pankreas terganggu, biasanya setelah operasi pengangkatan sebagian pankreas. Obat oral ini diminum dengan makanan untuk membantu pencernaan makanan dan dalam pencegahan adanya masalah dengan penyerapan zat gizi yang disebut steatorrhea.

Rasa sakit dapat dikaitkan dengan kanker pankreas, dan berbagai obat pereda nyeri ada untuk membantu mengendalikan ketidaknyamanan. Komunikasi yang baik dengan onkologi dan perawat memungkinkan penanganan rasa sakit yang optimal.

Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10