Jenis Kanker Kulit Yang Banyak Ditemui

DokterSehat.Com – Dikarenakan kita tinggal di negara tropis yang kaya akan sinar matahari, maka kita pun akan memiliki resiko yang cukup besar untuk mendapatkan kanker kulit karena adanya paparan sinar ultraviolet. Karena adanya fakta ini dan juga kecenderungan sinar matahari sangat menyengat dan tidak nyaman bagi kulit di siang hari, maka kita pun terbiasa memakai jaket atau pelindung lain untuk mencegah kontak langsung dengan sinar matahari. Terdapat beberapa jenis kanker kulit yang bisa menyerang kita jika kita tidak benar-benar melindungi tubuh kita dari paparan sinar matahari seperti sebagai berikut.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Kanker kulit yang paling sering disebut oleh pakar kesehatan adalah melanoma. Melanoma sendiri adalah sejenis kanker yang akan menyerang bagian sel kulit yang memiliki fungsi memproduksi melanin pigmen yang disebut sebagai melanocytes. Meskipun kerap kali muncul pada area dada dan punggung pria serta area lengan atau kaki pada wanita, melanoma sendiri ternyata beresiko muncul di berbagai bagian tubuh. Yang mengerikan dari melanoma adalah, jika kita membiarakan gejala kanker kulit ini, penderitanya bisa mengalami kematian.

Jenis kanker kulit yang kedua adalah squamos cell carcinoma yang juga kerap kali disebabkan karena paparan sinar matahari yang terlalu sering dan juga karena adanya luka. Kanker squamos cell carcinoma sendiri akan cenderung menyebar dan tidak hanya akan menyerang satu bagian kulit saja.

Jenis kanker berikutnya yang banyak ditemui adalah basal cell carcinoma. Basal Cell carcinoma sendiri akan cenderung menyerang sel-sel yang berada pada bagian bawah bagian epidermis kulit. Sebagaimana jenis kanker kulit lainnya, kanker ini kerap kali disebabkan oleh paparan sinar matahari. Memang, penyebaran kanker basal cell carcinoma ini cenderung lambat dan terkesan berada di posisi itu-itu saja. Namun, jika tidak diberikan penanganan medis yang tepat, kanker ini bisa menyerang tulang yang berada dekat dengan kulit.

Baca Juga:  Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Melihat adanya fakta ini, kita tentu harus pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh kita, khususnya agar tidak mudah terkena paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit ini. Selain memakai pelindung layaknya topi, payung, atau bahkan jaket, ada baiknya kita juga memakai tabir surya di siang hari untuk mendapatkan perlindungan yang ideal dari resiko terkena kanker kulit.