Jenis-Jenis Psoriasis Arthritis

DokterSehat.com – Psoriasis arthritis merupakan bentuk inflamasi rematik yang dapat mempengaruhi jutaan orang yang memiliki psoriasis, yakni penyakit kulit yang menyebabkan kulit merah, ruam bersisik paling sering pada siku, lutut, pergelangan kaki, kaki, tangan, dan daerah lainnya.



Jenis Arthritis Psoriatis

Ada lima jenis arthritis psoriasis. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda dapat memahami karakteristik penyakit ini sehingga dapat diobati dengan baik.

1. Simetris psoriasis arthritis: Simetris psoriasis mempengaruhi sendi yang sama di sisi yang berlawanan dari tubuh. Simetris psoriasis arthritis dapat melumpuhkan dan menyebabkan berbagai tingkat progresif, penyakit ini merusak dan mengurangi 50 persen fungsi sendi pada penderita radang sendi jenis ini. Simetris psoriasis arthritis menyerupai rheumatoid arthritis.

2. Asimetris psoriasis arthritis: asimetris rematik biasanya melibatkan 1-3 sendi dalam tubuh, seperti lutut, pinggul, atau satu atau beberapa jari. Asimetris psoriasis arthritis tidak mempengaruhi pasangan sendi yang cocok di sisi berlawanan dari tubuh.

3. Distal interphalangeal dominan (DIP): Distal interphalangeal dominan psoriatis rematik terutama dialami oleh sendi kecil di jari tangan dan kaki yang paling dekat dengan kuku. DIP psoriasis arthritis terkadang disamakan dengan osteoartritis yakni penyakit kronis yang menyebabkan kerusakan tulang rawan sendi dan tulang taji pada sendi.

4. Spondilitis: Spondilitis mempengaruhi tulang belakang dan dapat menyebabkan peradangan dan kekakuan pada leher, punggung bagian bawah, tulang belakang, atau daerah panggul, serta membuat sulit melakukan gerakan. Spondilitis juga dapat menyerang jaringan ikat, seperti ligamen, atau menyebabkan penyakit rematik pada sendi lengan, pinggul, kaki, atau kaki.

5. Rematik mutilans: Rematik mutilans mempengaruhi sendi kecil di jari tangan dan kaki yang paling dekat dengan kuku. Hal ini menyebabkan sendi tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini juga sering dikaitkan dengan punggung bawah dan nyeri leher. Untungnya, jenis arthritis psoriatis jarang terjadi.

Baca Juga:  Diet Yang Tepat Untuk Aktivitas Lancar

Baik pria maupun wanita sama-sama berisiko menderita arthritis psoriatis. Psoriatis arthritis dapat dialami pada usia berapa pun, tetapi biasanya mempengaruhi orang-orang antara usia 30 dan 50. Meskipun penyebabnya tidak diketahui, faktor genetik dan sistem kekebalan tubuh mungkin turut berperan dalam memicu gangguan tersebut.

Sebanyak 40% orang dengan psoriatis arthritis memiliki riwayat keluarga penyakit kulit atau penyakit sendi. Memiliki orangtua dengan psoriasis tiga kali lipat berisiko mengalami psoriasis dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan terkena psoriasis arthritis.