Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang Harus Anda Ketahui

Doktersehat-Jenis-Jenis-Penyakit-Kulit
Photo Credit: Flickr.com/Skin care

DokterSehat.Com – Pada umumnya, penyakit kulit adalah penyakit yang tidak berbahaya tetapi bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Banyak penyakit kulit yang menjangkiti daerah yang mudah terlihat oleh orang lain.

Saat terlihat oleh orang lain itulah, sebagian besar orang akan memberikan reaksi yang menjengkelkan di mana hal ini akan membuat perasaan Anda tidak nyaman.

baca juga: 4 Bagian Tubuh yang Menjadi Lokasi Kemunculan Kanker Kulit

Penyakit kulit banyak ditemukan timbulnya dari kesalahan penderita sendiri, misalnya kesehatan kurang baik serta tidak menjaga kebersihan kulit. Setelah mendapatkan penyakit kulit, barulah penderita sadar akan apa yang sudah dilakukannya.

Berikut ini adalah beberapa macam penyakit kulit yang sebaiknya Anda ketahui, di antaranya:

  1. Eksim (dermatitis)

Tanda-tanda utama yang dirasakan pasien eksim yaitu rasa gatal yang berlebih pada kulit. Rasa gatal ini dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah, serta timbul gelembung air di kulit.

Bagian tubuh yang rawan terkena eksim adalah tangan, kaki, lipatan paha serta telinga. Eksim terbagi jadi dua, yakni eksim kering dan basah. Pada eksim basah, kulit akan merasa panas serta dingin yang berlebih pada kulit.

Pada umumnya eksim disebabkan akibat rangsangan zat kimia seperti detergen, kosmetik atau kepekaan terhadap beberapa makanan tertentu. Selain itu, eksim juga bisa dikarenakan dikarenakan alergi serbuk sari tanaman, debu, perubahan iklim, hingga gangguan emosi.

Penyakit kulit ini sering kali menyerang orang-orang yang memiliki bakat alergi dan kerap kali terjadi berulang-ulang. Oleh karena itu, agar eksim tidak terjadi perhatikan beberapa bahan yang bisa menimbulkan alergi. Sebagian besar masalah eksim yang terjadi dapat hilang bersamaan dengan bertambahnya usia.

  1. Bisul (furunkel)

Bisul adalah infeksi kulit berbentuk benjolan yang memiliki warna merah. Benjolan mengandung nanah, menimbulkan panas dan memiliki sifat melenting pada kulit ini dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh.

Meski dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh, bisul dapat bertumbuh di bagian tubuh yang lembap seperti lipatan paha, sela bokong, leher, ketiak hingga kepala.

Bisul bisa terjadi dikarenakan ada infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit yang melewati folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, lantas menyebabkan infeksi lokal. Faktor yang menambah risiko terkena bisul di antaranya kebersihan tubuh yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, serta penggunaan kosmetik yang menyumbat pori,

  1. Campak (rubella)

Campak yaitu penyakit akut menular yang disebabkan oleh virus dan umumnya menyerang anak-anak. Tanda-tanda awal campak yaitu demam, pilek, bersin, badan lesu, sakit kepala, nafsu makan mengalami penurunan drastis serta radang mata.

Gejala campak mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Ruam berwarna merah-kecokelatan akan muncul di kulit setelah beberapa hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher.

  1. Kudis (scabies)

Kudis yaitu penyakit kulit yang dikarenakan oleh parasit tungau yakni sarcoptes scabiei var hominis. Penyakit ini banyak terjadi di tempat kumuh serta orang yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik.

Tanda-tanda kudis yaitu rasa gatal yang demikian hebat saat malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, dibawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. Kudis amat mudah menular pada orang lain.

  1. Kurap

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki.

Gejala kurap yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini biasanya terasa sangat gatal dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Jika terjadi pada pria muda, kurap sering ditemukan di daerah selangkangan.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih.

Stres, trauma, serta tingkat kalsium yang rendah bisa mengakibatkan psoriasis. Tanda-tanda psoriasis yaitu munculnya bercak-bercak merah yang di atasnya ada sisik-sisik putih tidak tipis serta melekat berlapis-lapis. Apabila digaruk, sisik-sisik tersebut dapat rontok.

Sementara itu, semua bagian tubuh bisa terserang gejala psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala.

  1. Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma.

baca juga: Sempurnakan Kulit dengan Campuran Susu dan Kunyit

  1. Impetigo

Impetigo yaitu penyakit kulit menular yang umumnya dikarenakan oleh bakteri. Impetigo mengakibatkan kulit jadi gatal, melepuh diisi cairan serta kulit jadi merah. Impetigo amat gampang berlangsung pada anak berumur dua hingga enam tahun.

Bakteri ini umumnya masuk ke ke dalam kulit melewati gigitan serangga, luka, atau goresan. Menjaga kebersihan tubuh adalah sesuatu yang wajib dijaga oleh orang yang mengalami impetigo.

  1. Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang pasti pernah dialami oleh sebagian besar orang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Selain ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, kadang-kadang jerawat juga menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Bagian tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat dan yang paling umum adalah bagian wajah.