informasi kesehatan


Jenis-Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai

Jenis-Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai

            

Doktersehat.com – Batuk merupakan penyakit yang sering dialami setiap orang. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Walaupun demikian jangan anggap remeh batuk sebab batuk juga berbahaya jika tidak segera diobati. Mengabaikan batuk begitu saja tanpa mengobatinya atau memeriksakannya ke dokter bisa berakibat fatal karena batuk bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu. Berikut jenis batuk yang tidak boleh diabaikan, seperti dilansir besthealth, Jumat (12/10/2012) antara lain:

1. Batuk disertai tenggorokan kering, pilek, hidung sengau, atau dahak yang berlebihan
Kondisi ini mungkin disebabkan oleh alergi atau infeksi sinus. Periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan obat alergi atau jika penyebabnya adalah sinus, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik.

2. Batuk di malam hari disertai lendir dan berakhir dengan mengi atau suara serak
Kemungkinan hal ini disebabkan oleh asma sehingga Anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan resep obat seperti bronkodilator atau obat kortikosteroid yang dihirup untuk mengontrol asma.

3. Batuk setelah minum obat
Sekitar 5 dari 10 orang yang mengambil obat sejenis inhibitor ACE, mengalami efek samping seperti batuk kering. Konsultasikan kepada dokter apakah ada obat lain yang tidak memiliki efek samping menyebabkan batuk.

4. Batuk kering disertai dengan sesak napas
Kemungkinan penyebabnya adalah penyakit paru-paru obstruktif kronis, yaitu suatu kondisi yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema yang biasanya disebabkan oleh merokok. Dokter mungkin akan melakukan tes untuk mengukur kapasitas paru-paru dengan menerapkan x-ray pada dada.

Sayangnya belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini, tetapi gejalanya dapat diobati. Oleh karena itu, segera periksakan kondisi Anda ke dokter sebelum gejala semakin parah dan tidak dapat diobati, serta hentikan kebiasaan merokok.

5. Batuk yang disertai dengan sakit maag yang terjadi lebih dari dua kali seminggu
Kondisi ini mungkin disebabkan oleh Gastroesophageal reflux disease (GERD), suatu kondisi sakit maag kronis. Dokter akan meresepkan antasida dan obat yang menghambat produksi asam lambung serta merekomendasikan pemeriksaan gastroscopy untuk menilai kerusakan pada kerongkongan.

6. Batuk yang memburuk dari waktu ke waktu dan disertai dengan kelelahan, nyeri dada, batuk darah, suara serak, atau sesak napas
Kondisi tersebut mungkin merupakan gejala kanker paru-paru. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan tes diagnostik seperti x-ray , CT scan, MRI, dan tes darah untuk memastikan penyakit yang mendasarinya dan memperoleh pengobatan sesegera mungkin.

Dari berbagai sumber

pf button both Jenis Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Jenis-Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai”

  1. RACHMAT says:

    Selamat sore, Dok saya mau tanya berkaitan dengan penyakit yang sedang dialami,Saya sering batuk-batuk pagi hari,hampir setiap hari,terutama jika habis mandi dan kena udara dingin,ini berlangsung sudah lama sejak usia saya menginjak 40 th,dan sekarang sudah 47 th.Menurut hasil Rontgen menderita Bronkitis kronis,dan sering kambuh apabila musim dingin/hujan.Bagaimana mengatasinya ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Harus diterapi dengan antibiotik Dan hindari udara dingin. Segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam atau paru. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Phi says:

    Dok, saya sakit batuk kurang lebih 3mingguan gak sembuh, sudah habis obat batuk 1 botol dan 5pak isi @4pcs obat.. Suara saya sempat hilang tapi sudah kembali dan saya sempat flu berat tapi sekarang sudah mendingan, hanya batuk saya tidak sembuh2.. Batuk saya berdahak, lendir warna putih dan cair, saya jadi mudah haus padahal sudah minum air banyak dan kepala saya sering pusing juga mudah lelah padahal aktivitas saya tidak berat.. Kira2 saya perlu cek ke dokter atau tidak? Dan apakah penyakit saya hanya batuk biasa? Terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bila Sudah 3 minggu tidak Ada perbaikan Dan begitu banyak keluhan pada tubuh anda, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. wan doski says:

    saya batuk sudah 1 bulan belum sembuh. .
    Pertama kali saya batuk berdarah. .
    dan hari selanjutnya sampai sekarang saya masih batuk tapi tidak berdarah, dengan badan sampai kurus, gejala sesak nafas, dahak yang banyak, air ludah yg lendir. . Batuk tak mengenal waktu pagi, siang, malam. . Mohon solusinya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Dikhawatirkan Ada infeksi pada paru2 anda. Genera periksakan ke dokter untuk diterapi secara tepat. Jangan minum obat sembarangan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0