informasi kesehatan


Jenis dan Penyebab Perdarahan Saat hamil

Jenis dan Penyebab Perdarahan Saat hamil

            

DokterSehat.com – Perdarahan saat hamil kerap diidentikan dengan keguguran. Sebenarnya, tidak semua perdarahan merupakan gejala keguguran. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh menganggap enteng perdarahan yang terjadi saat hamil.

Perdarahan dapat dialami kapan saja selama kehamilan. Pada trimester pertama kehamilan ada empat jenis perdarahan yang bisa dialami ibu hamil, yaitu:

1. Abortus iminiens, yaitu perdarahan pada rahim yang bisa mengakibatkan keluarnya sedikit darah, tapi kondisi embrio tetap utuh dan aman.

2. Abortus insipiens, pada kondisi ini wanita hamil akan mengalami perdarahan yang lebih banyak dan disertai dengan rasa mulas, kondisi embrio masih utuh namun sudah mengalami pembukaan rahim.

3. Abortus inkomplet, perdarahan yang dialami akan sangat banyak dan bisa menyebabkan syok. Pada kondisi ini, embrio keluar dan masih ada sisa yang tertinggal di rahim.

4. Hamil ektopik atau hamil di luar kandungan. Dari kebanyakan kasus ditemukan calon janin menempel di saluran telur (tuba falopi). Jika terjadi maka tindakan yang harus dilakukan adalah operasi guna mengeluarkan janin dan mengangkat saluran telur yang robek.

Pendarahan yang terjadi pada trimester 2 dan 3 biasanya dapat disebabkan oleh:

  • Plasenta di bawah (plasenta previa) merupakan posisi di mana plasenta menutupi jalan lahir. Biasanya perdarahan yang terjadi tanpa disertai nyeri.
  • Plasenta lepas (solutio plasenta), pelekatan plasenta yang robek sebagian atau terlepas. Perdarahan yang terjadi umumnya berupa bercak darah yang berwarna merah gelap.

Sampai sekarang belum diketahui pencegahan apa yang efektif menekan terjadinya perdarahan saat hamil. Yang perlu diperhatikan bila ibu hamil mengalami perdarahan sebaiknya segera atasi dengan:

  • Baringkan ibu hamil dengan posisi kaki lebih tinggi dari bahu.
  • Istirahat hingga perdarahan berkurang.
  • Jangan melakukan aktivitas yang berat, misalnya mengangkat beban.
  • Hubungi dokter jika darah keluar cukup banyak agar segera mendapat penanganan yang tepat.

pf button both Jenis dan Penyebab Perdarahan Saat hamil


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

5 Responses to “Jenis dan Penyebab Perdarahan Saat hamil”

  1. Majakani says:

    pencegahannya gimana?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Seperti yang dijelaskan diatas penyebab perdarahan pada kehamilan terdapat banyak jenisnya. Untuk mencegah terjadinya abortus kurangilah aktivitas fisik berat ataupun goncangan berlebihan , selain itu hati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan karena beberapa onbat bisa merangsang kontraksi rahim (penggunaan obat-obatan harus seusai resep dokter), demikian pun makanan yang dapat merangsang seperti nanas muda, dll. Untuk plasenta previa sendiri apabila sudah terdiagnosa maka pasien sebaiknya tidak banyak berjalan dan jangan dulu berhubungan seks untuk mempertahankan kehamilan ( melihat dari keadaan dan sesuai instruksi dokter).

      Dari semua saran tersebut yang terpenting adalah melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter (ANC) secara teratur untuk mengetahui kesejahteraan janin dan kehatan ibu hamil.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. novania says:

    saya selalu mengalami pendarahan.. Usia kandungan saya baru saja 6bulan? Apaa saya mengalami keguguran? Tapi tak terlalu banyak saya mengeluarkan darah ..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. novania says:

    Sebelum nya saya pernah gugurin kandungan saya ini dok, alhasil tidak berhasil..
    Tetapi setelah kandungan saya beranjak 6bulan.. Baru ada kontraksi slalu mengeluarkan darah…
    Apa itu ada hubungan ny dgn obat penguguran saya waktu itu dok????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Zusan Santi says:

    Apakah ??????? makanan khusuh untuk mengurangi pendarahan trsbt??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0