Makan Jengkol dan Petai Bisa Mencegah Hipertensi?

Photo Credit: Instagram/ jodeelem
Photo Credit: Instagram/ jodeelem

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah mitos yang dipercaya oleh banyak orang. Salah satunya adalah rajin makan jengkol bisa menurunkan risiko terkena hipertensi. Apakah hal ini benar adanya?

Banyak orang percaya bahwa kandungan asam jengkolat serta berbagai mineral di dalam jengkol dan kandungan di dalam petai seperti vitamin B6 dan trypthopan bisa membuat kita tidak mudah mengalami gangguan emosi. Sebagaimana kita ketahui, emosi dan stress termasuk dalam hal-hal yang meningkatkan risiko terkena hipertensi. Tak hanya itu, pakar kesehatan juga memperbolehkan penderita hipertensi untuk mengonsumsi petai atau jengkol sehingga bahan makanan ini dianggap aman dan bisa memberikan manfaat kesehatan.

Meskipun bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi, bukan berarti petai dan jengkol bisa mengatasi masalah kesehatan yang mereka derita. Jika sampai kita mengonsumsinya dengan berlebihan dan tidak menerapkan pola makan yang sehat setiap hari, maka risiko untuk terkena penyakit ini tetap saja tinggi. Bahkan, terlalu sering mengonsumsinya juga bisa memicu gangguan bagi organ ginjal.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan adanya manfaat konsumsi jengkol dan petai dalam mencegah datangnya hipertensi. Hal ini berarti, mitos ini sepertinya memang tidak benar adanya.

Demi mencegah datangnya hipertensi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan lemak dan garam setiap hari. Dengan melakukannya, maka kita bisa mencegah penumpukan kolesterol atau pengerasan pembuluh darah, penyebab dari peningkatan tekanan darah.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya masalah hipertensi adalah selalu memastikan untuk tidur dengan cukup setiap hari, berolahraga secara teratur, dan mencegah datangnya stress dengan baik.

Mengingat hipertensi bisa berlanjut menjadi masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke, ada baiknya kita memang harus menjaga tekanan darah dalam kondisi yang normal.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik