Jelang Hari Raya Idul Adha, Apakah Daging Kambing Bisa Meningkatkan Kolesterol?

DokterSehat.Com– Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, kita tentu akan melihat sapi dan kambing yang berjejeran di dekat masjid atau tempat penyembelihan. Setelah menjalani ibadah Sholat Ied, kita juga akan menemukan banyak sekali masakan yang terbuat dari daging hewan tersebut. Sayangnya, cukup banyak orang yang memilih untuk tidak menkonsumsi makanan yang terbuat dari daging kambing karena dianggap bisa menyebabkan masalah tekanan darah tinggi, kolesterol, dan lain sebagainya.

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Tahukah anda jika daging kambing adalah sumber protein utama dari negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti di Jazirah Arab, Afrika Utara, Asia Tenggara, dan lain sebagainya? Di berbagai negara Barat, daging kambing juga masih dipromosikan sebagai sumber alternatif protein selain daging sapi.

Para peneliti yang berasal dari Alabama Cooperative Extension System menyebutkan bahwa daging kambing ternyata memiliki nilai gizi yang jauh lebih baik daripada daging hewan lainnya. Yang tidak disangka adalah, daging kambing justru memiliki kadar kolesterol serta lemak jenuh yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya, khususnya daging merah. Bahkan, daging kambing juga memiliki kadar kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi, daging domba, daging ayam, hingga daging babi.

Kadar lemak tak jenuh pada daging kambing juga cenderung lebih rendah dari daging lainnya. Selain itu, tingginya kandungan asam amino dan zat besi dari daging kambing juga mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

Jika kita memasaknya dengan tepat, maka konsumsi daging kambing ini bahkan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Caranya adalah dengan dimasak dengan api yang kecil agar teksturnya tidak terkikis. Selain itu, daging kambing sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum dimasak.

Baca Juga:  Tips Agar Tetap Sehat di Hari Raya Idul Adha

Dengan adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir saat ingin menikmati masakan dari daging kambing saat Hari Raya Idul Adha. Asalkan kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan, kita justru bias mendapatkan manfaat sehatnya.