Jelang Duel Mayweather Vs McGregor, Ketahui Manfaat Olahraga Beladiri Bagi Anak

DokterSehat.Com– Duel antara petinju Floyd Mayweather Jr. melawan atlet MMA Conor McGregor menarik perhatian banyak orang. Banyak orang yang memprediksi duel dua orang yang disebut-sebut terbaik di bidang olahraga beladiri masing-masing ini akan berlangsung seru dan menegangkan.

doktersehat-anak-kecil-tangan

Alih-alih membahas tentang duel akbar ini, ada baiknya kita membahas olahraga beladiri yang kini banyak dipelajari oleh anak-anak di berbagai tempat. Pakar kesehatan Ester Lianawati, Psi yang berasal dari Universitas Kridawacana Jakarta menyebutkan bahwa tidak hanya untuk membekali anak agar bisa menjaga diri, olahraga beladiri bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak seperti sebagai berikut.

Membantu perkembangan motorik
Berbagai gerakan beladiri seperti memukul, menendang, merunduk, dan lain sebagainya akan melatih keseimbangan dan motorik tubuh dengan baik. Tak hanya itu, berbagai gerakan pemanasan seperti berlari, sit up, dan lain sebagainya juga akan membuat anak menjadi lebih sehat, bugar, kuat, dan tangkas.

Melepas energi negatif
Semua orang, termasuk anak-anak juga memiliki energi negatif, apalagi jika mereka kesal, marah, atau kecewa dengan banyak hal. Beruntung, beladiri bisa menjadi ajang penyaluran energi negatif ini dengan cara yang positif. Hal ini bisa berimbas pada emosi anak yang lebih terkendali.

Membuat anak lebih disiplin
Olahraga beladiri memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh mereka yang mempelajarinya seperti harus tepat waktu, mematuhi pelatih, memakai seragam, serius, saling menghormati, tidak menggunakan kemampuan beladiri dengan sembarangan, dan lain sebagainya. Jika anak mempelajarinya, hal ini akan membuat mereka menjadi pribadi yang lebih disiplin.

Anak lebih baik dalam bersosialisasi
Di tempat latihan beladiri, anak akan banyak berinteraksi dengan anak lainnya, pelatih, dan orang lain. Mereka pun akan mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan lebih baik.