Jeans Ketat Bisa Memicu Masalah Kesehatan Kulit

DokterSehat.Com – Celana jeans telah menjadi salah satu trend fashion yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Celana yang cenderung keras dan kaku ini akan sangat cocok dipakai untuk berbagai kesempatan. Kini, celana jeans berevolusi dengan memiliki bentuk yang cenderung agak ketat sehingga penggunanya akan terlihat lebih ramping dan jenjang. Baik pria maupun wanita banyak yang menyukai celana jeans ketat karena bisa menambah rasa percaya diri. Sayangnya, dibalik kerennya celana jeans ketat, ada dampak kesehatan negatif yang bisa kita dapatkan jika kita sering memakainya, khususnya bagi kesehatan kulit.

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Celana jeans yang ketat akan cenderung membut kulit kita akan kesulitan untuk bernafas. Area selangkangan atau lipatan lutut akan sangat mudah berkeringat jika kita melakukan banyak aktifitas. Keringat yang tidak bisa bebas menguap dan keluar dari celana ini akan menutup pori-pori kulit dan pada akhirnya kulit akan tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Kondisi ini bisa memicu masalah gatal-gatal pada kulit layaknya ruam-ruam yang terasa sangat panas atau bahkan benjolan layaknya jerawat.

Selain masalah ruam-ruam, jerawat, hingga gatal-gatal, penggunaan celana jeans ketat yang berlebihan dalam waktu yang sangat lama juga bisa sangat buruk bagi area kelamin. Kaum wanita bisa mendapatkan infeksi jamur canida yang bisa memicu rasa nyeri, gatal-gatal, hingga rasa sakit saat buang air kecil. Infeksi jamur canida sendiri disebabkan oleh kondisi selangkangan yang cenderung selalu panas dan lembab yang tentu adalah lingkungan sempurna bagi jamur untuk tumbuh.

Jeans yang ketat juga bisa memberikan efek buruk berupa infeksi folikulitis yang bisa membuat rasa gatal dan benjolan kecil kemerahan. Bahan celana jeans yang cenderung keras dan ketat akan membuat banyak gesekan antara bahan celana dan kulit sehingga memicu infeksi. Infeksi ini bisa disertai dengan adanya jamur atau bakteri sehingga kulit pun akan mudah mengalami peradangan yang tentu akan sangat tidak nyaman bagi tubuh.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Diwaspadai Pasca Operasi Caesar

Dengan adanya dampak negatif dari penggunaan celana jeans yang ketat, kita tentu harus lebih bijak dalam menggunakan pakaian yang sekiranya sesuai dengan mode terkini dan mempertimbangkan ulang memilih jenis celana ini sebagai celana harian anda.