Cegah Sakit Dengan Menghindari Makanan Berikut Saat Musim Hujan

DokterSehat.Com – Awal tahun kerap kali diasosiasikan dengan masa dimana hujan bisa turun berhari-hari dengan suhu udara yang cenderung lebih sejuk. Banyak orang yang berpikir jika musim hujan akan membuat nafsu makan cenderung meningkat karena suhu yang lebih sejuk tentu akan membuat makan menjadi lebih nikmat. Sayangnya, jika kita sembarangan makan tentu akan membuat kesehatan kita bisa terganggu. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita batasi konsumsinya di musim hujan.

doktersehat-hujan-skait

  • Makanan Goreng Berminyak
    Makanan apa yang akan sangat nikmat dikonsumsi saat musim hujan? Jawaban pertama tentu adalah gorengan. Makanan murah meriah nan hangat tentu akan sangat nikmat jika dinikmati di kala hujan nan dingin. Sayangnya, musim hujan juga membawa kelembaban udara yang tinggi sehingga proses pencernaan akan menjadi lebih lambat. Jika kita memakan banyak gorengan, yang terjadi adalah perut bisa terasa kembung dan tidak nyaman. Gorengan yang kaya akan minyak juga akan kurang baik bagi kesehatan, khususnya dalam menaikkan kadar lemak atau kolesterol jahat di dalam darah.
  • Makanan Pinggir Jalan
    Hindari pula makanan yang banyak disediakan di pinggir jalan mengingat kelembaban yang jauh meningkat tentu akan membuat makanan mudah terkena kuman, jamur, dan berbagai macam bakteri. Sebagai contoh jajanan yang berasal dari pedagang di pinggir jalan tentu akan kurang baik dikonsumsi. Hal yang sama berlaku jika kita ingin membeli makanan sehat layaknya sayuran atau buah-buahan. Kita tentu harus membersihkan buah-buahan atau sayuran dengan bersih sehingga aman untuk kita konsumsi.

Untuk tetap menjaga tubuh selalu sehat di musim hujan, kita harus rajin-rajin membersihkan badan. Mandi dua kali sehari masih belum cukup mengingat kita tentu sering berjalan di tengah-tengah hujan sehingga kita perlu mencuci kaki dan tangan dengan bersih sesaat setelah memasuki rumah. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selain itu, ada baiknya kita lebih banyak mengkonsumsi makanan yang dibuat di rumah karena kebersihannya tentu akan jauh lebih terjamin daripada yang dibeli di luar, apalagi yang tersedia di pinggir jalan.