Jatuh Cinta Bisa Bikin Berat Badan Naik?

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika ada banyak orang yang mengaku berat badannya naik saat sedang jatuh cinta? Tak disangka, sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari hal ini. Bagaimanakah hasil penelitian tersebut?

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Penelitian yang dilakukan oleh dr. Catherine Hankey yang merupakan ahli gizi dari University of Glasgow, Skotlandia, membuktikan bahwa pasangan yang mulai tinggal bersama akan mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,3 hingga 1,8 kilogram dalam tiga bulan pertama hubungannya. Bahkan, dalam 1 tahun usia pernikahan, pasangan bisa menaikkan berat badan rata-rata 1,8 hingga 2,2 kilogram!

Salah satu penyebab dari kenaikan berat badan ini diduga adalah karena pasangan yang jarang bergerak karena ingin menghabiskan waktu bersama dengan pasangannya dan kecenderungan untuk kerap mencari makan atau makan bersama. Hal ini ternyata bisa membuat mereka makan dengan lebih sering atau dengan jumlah yang lebih banyak.

Dr. Hankey pun menyebut masalah ini sebagai salah satu hal yang terjadi di hampir seluruh dunia sehingga sebaiknya mulai diperhatikan oleh semua orang, khususnya yang sudah menikah dan memutuskan untuk tinggal bersama. Tak hanya bisa memicu masalah obesitas, kenaikan berat badan juga bisa bisa mempengaruhi hubungan pasangan.

Penelitian lain yang dilakukan di Southern Methodist University membuktikan fakta bahwa semakin bahagia pasangan baru, maka semakin naik pula berat badannya. Sementara itu, pasangan yang kurang bahagia setelah menikah akan cenderung tidak mengalami perubahan pada berat badannya. Bahkan, penelitian ini juga membuktikan bahwa pasangan yang sedang jatuh cinta meskipun belum menikah juga bisa mengalami kenaikan berat badan.

Dalam penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Survei UKMedix, disebutkan bahwa 43 persen wanita akan mengalami kenaikan berat badan di tahun pertama menjalin hubungan dengan pasangan. Hal ini disebabkan oleh wanita yang cenderung merasa lebih bebas karena tidak lagi perlu menarik perhatian pasangan dengan bentuk tubuh atau berat badan yang ideal. Sebaliknya, pasangan yang baru saja bercerai justru mengalami penurunan berat badan sebagai dampak dari stress saat mengalami permasalahan saat pernikahan.