Jari Terasa Pegal Saat Mengetik? Atasi Dengan Cara Ini

doktersehat-jari-tangan-sakit-mengetik

DokterSehat.Com– Kadangkala saat pekerjaan masih banyak dan kita harus terus mengetik di depan komputer, tiba-tiba saja jari terasa pegal dan sakit. Hal ini tentu akan menurunkan produktifitas kerja. Dalam dunia medis, rasa sakit saat mengetik pada jari ini disebut sebagai repetitive strain injury (RSI). Bagaimana cara mengatasi masalah ini agar kita bisa kembali bekerja dengan nyaman?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengetik atau melakukan hal lain yang membuat jari bekerja dengan keras atau mengalami ketegangan layaknya bermain game bisa memimcu datangnya RSI. Jika sampai kita mulai merasakannya, jangan paksakan untuk mengetik terlebih dahulu. Istirahatkan jari dan tangan kita dan jangan memegang ponsel karena akan membuat jari sama saja tidak beristirahat.

Bangunlah dari meja kerja setiap 30 menit dan lakukan peregangan pada seluruh bagian tubuh seperti leher, pundak, atau bahkan tangan. Ambil kesempatan ini untuk berjalan ke toilet, jendela, taman, atau mengambil minuman. Meskipun terlihat sederhana, hal ini ternyata bisa mencegah datangnya RSI dengan efektif.

Jika kita sudah mulai mengalami RSI, maka ada baiknya kita meregangkan jari-jari tangan dengan metode prayer stretch. Posisikan kedua telapak tangan menempel layaknya orang berdoa atau meminta maaf, lalu dorong ke salah satu sisi tangan dan kemudian ke sisi sebaliknya. Setelahnya, kita bisa menggerakkan pergelangan tangan demi meredakan ketegangan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menata ulang kembali posisi mengetik kita saat bekerja jika kerap mengalami RSI ini. Pastikan untuk mengetik dengan postur tubuh yang ideal dan nyaman, yakni duduk dengan posisi paha yang lurus, kaki yang rata di lantai atau pijakan meja, duduk dengan posisi tegak dengan bahu yang rileks, dan siku berada dalam posisi yang nyaman. Selain itu, jangan biasakan multitasking seperti mengetik dengan memegang ponsel atau telepon yang bisa menyebabkan masalah kesehatan ini muncul.

Jika cara-cara ini tidak mampu mengatasi sakit pada jari saat mengetik, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter agar bisa segera disembuhkan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik