Jari Tangan Tiba-Tiba Membengkak, Ternyata Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Kadangkala kita tiba-tiba mengalami jari tangan yang membengkak. Hal ini tentu akan membuat kita tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktifitas fisik. Sebenarnya, apa sih penyebab dari bengkaknya jari tangan ini?

doktersehat-jari-tangan-sakit-mengetik

Kebanyakan mengkonsumsi garam
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab paling sering dari jari bengkak namun jarang kita sadari adalah konsumsi garam dengan berlebihan. Sebenarnya, tak hanya pada jari tangan, beberapa bagian tubuh lain juga akan mengalami pembengkakan akibat dari tingginya asupan sodium. Mengingat konsumsi garam dengan berlebihan bisa memicu obesitas, ada baiknya memang kita selalu menjaga asupan garam tidak berlebihan.

Konsumsi makanan tertentu
Beberapa jenis makanan bisa menyebabkan alergi dan berimbas pada munculnya gejala bengkak-bengkak pada jari. Sebagai contoh, makanan laut yang memiliki kandungan logam layaknya cumi, kepiting, udang, atau lobster bisa memicu pembengkakan pada jari. Karena alasan inilah konsumsi makanan laut yang enak tersebut sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan.

Menurunnya jumlah cairan tubuh
Tanpa kita sadari, malas minum atau tubuh yang mulai mengalami dehidrasi bisa menyebabkan jari-jari tangan membengkak. Segera perbaiki asupan air putih demi mengatasinya.

Suhu udara
Suhu udara yang terlalu panas ternyata bisa membuat jari kita lebih mudah untuk membengkak.

Terkilir
Jika jari kita terkilir atau terbentur benda keras, maka bagian tubuh ini akan mengalami pembengkakan. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan air es untuk mengompres jari. Selain itu, kondisi rematik juga bisa menyebabkan peradangan pada persendian, termasuk persendian jari. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengistirahatkan jari untuk sementara waktu.

Selalu istirahatkan jari jika memang tubuh sudah terasa lelah saat seharian bekerja. Jangan terlalu asik memainkan gadget atau ponsel saat beristirahat karena membuat bagian tubuh ini tetap saja tidak beristirahat dengan maksimal dan bisa menyebabkan pembengkakan.