Jantung Tetap Sehat Meskipun Sibuk di Tempat Kerja

DokterSehat.Com – Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa para pekerja kantoran, mereka yang seringkali duduk dalam waktu yang lama dan menatap layar komputer untuk bekerja, ternyata memiliki resiko cukup besar mendapatkan gangguan pada organ jantung. Duduk dalam waktu lama akan membuat tubuh tidak banyak bergerak sehingga kesehatan jantung pun bisa terganggu. Apakah pekerja kantoran tidak bisa melakukan pencegahan agar tidak mudah terkena masalah kesehatan pada jantung? Jawabannya adalah bisa dan berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan jantung bagi para pekerja kantoran.

doktersehat-tanda-serangan-jantung

Isu utama mengenai kesehatan tubuh bagi para pekerja kantoran adalah kegiatan duduk dalam waktu yang lama. Duduk terlalu lama adalah salah satu silent killer yang tidak kita sadari. Untuk menghindarinya, pekerja kantoran bisa melakukan peregangan setidaknya setiap satu atau dua jam sekali. Selain peregangan, berjalan kaki sebentar untuk membuat minuman atau melihat-lihat pemandangan ke luar kantor sebentar, maka kita pun akan secara efektif mengurangi resiko terkena gangguan pada organ jantung. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk sesekali menarik nafas panjang setidaknya setiap satu jam sehingga kita pun bisa memperbaiki pernafasan dan asupan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pakar kesehatan juga menyebutkan jika penyebab lain para pekerja kantoran beresiko mendapatkan penyakit jantung adalah kebiasaan buruk memakan camilan yang kurang sehat sebagai teman saat bekerja. Beberapa camilan yang kaya MSG atau manis-manis yang kaya gula layaknya biskuit manis dan minuman botolan kerap kali dikonsumsi pekerja kantoran saat bekerja. Selain itu, makanan yang kaya akan garam layaknya keripik kentang atau biskuit asin juga akan membuat resiko gangguan pada jantung semakin meningkat. Kita tentu harus mengurangi atau bahkan tidak lagi mengkonsumsi makanan-makanan kurang sehat tersebut untuk menjaga kesehatan organ jantung kita.

Baca Juga:  Mensterilkan Makanan dengan Iradiasi Pangan

Tips terakhir menjaga kesehatan jantung bagi pekerja kantoran adalah mencoba untuk menghindari stres dan maksimalkan cuti berlibur yang ada. Seberat apapun pekerjaan, jangan pernah bawa tekanan atau stress pekerjaan tersebut sesampainya di rumah mengingat hal ini bisa menimbulkan stres kronis yang bisa membuat gangguan pada organ jantung. Maksimalkan pula cuti berlibur agar kita pun mendapatkan jeda dan penyegaran pada pikiran yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya organ jantung.