Jantung Semakin Sehat Dengan 22 Menit Berjalan Kaki Setiap Hari

DokterSehat.Com– Penyakit jantung masih termasuk dalam penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Reputasinya sebagai penyebab kematian mendadak membuat semua orang tentu tidak ingin terkena penyakit berbahaya ini. Sayangnya, gaya hidup masyarakat modern yang semakin tidak sehat membuat kini semakin banyak anak muda yang terkena masalah kesehatan ini. Padahal, jika kita menerapkan gaya hidup sehat layaknya dengan rutin berolahraga, resiko untuk terkena penyakit jantung bisa ditekan dengan signifikan.

jalan_lari_hutan_doktersehat

Salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan namun bisa mencegah penyakit jantung adalah dengan berjalan kaki. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Medicine, ditemukan fakta menarik tentang olahraga jalan kaki atau lari dimana jika kita melakukannya secara rutin 22 menit saja setiap hari, maka resiko untuk terkena penyakit jantung bisa menurun hingga 50 persen lebih rendah. Tak hanya penyakit jantung, rutin melakukan olahraga ini diyakini mampu mencegah penyakit lainnya layaknya kanker, stroke, diabetes, dan obesitas.

Dr. Aseem Malhotra dari rumah sakit Lister yang ada di Stevenage, Inggris, menyebutkan bahwa dengan rutin berjalan kaki, maka kadar lemak di dalam tubuh akan semakin menurun. Tak hanya itu, sel-sel jahat yang bisa memicu serangan jantung juga bisa dilawan dengan lebih baik. Peredaran darah di dalam tubuh juga akan menjadi semakin lancar dan hal ini bisa membuat jantung kita semakin sehat.

Tak hanya dengan berjalan kaki secara rutin, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat layaknya buah-buahan, sayuran, hingga makanan rendah lemak. Selain itu, cobalah untuk lebih baik dalam mengendalikan stress. Dengan pikiran yang jauh lebih tenang dan bahagia, maka kita pun akan lebih baik dalam mencegah datangnya penyakit yang sangat mematikan ini.