Jantung Bocor – Pengertian

Jantung bocor adalah suatu ketidakmampuan katup jantung untuk menutup dengan sempurna sehingga terjadi aliran darah ke ruang yang tidak semestinya. Untuk memahaminya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang anatomi jantung. Jantung bocor bisa menyebabkan masalah kesehatan yang ringan sampai serius. Seberapa serius katup jantung bocor adalah tergantung pada berapa banyak aliran darah normal yang terganggu melalui jantung. Perawatan termasuk obat-obatan, bedah, atau penggantian katup  yang bocor. Pengamatan dan evaluasi dari waktu ke waktu secara cermat adalah pendekatan yang paling sering untuk jantung bocor.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Apa itu jantung bocor?
Jantung memliki empat ruang: atrium kiri, atrium kanan, ventrikel kiri, dan ventrikel kanan. Perjalanan darah adalah dari atrium menuju ventrikel. Atrium kiri menuju ventrikel kiri, atrium kanan menuju ventrikel kanan. Atrium kiri menerima darah bersih yang kaya oksigen dari paru-paru sedangkan atrium kanan menerima darah yang kaya karbondioksida dari seluruh tubuh. Ventrikel kiri akan memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, ventrikel kanan akan memompa darah yang kaya karbondioksida ke paru-paru. Begitulah jantung dan aliran darah bekerja.

Jantung memiliki empat katup yaitu:

  • Katup trikuspid, yang membatasi atrium kanan dan ventrikel kanan
  • Katup pulmonal, yang membatasi ventrikel kanan dan arteri pulmonal yang menuju paru
  • Katup mitral, yang membatasi atrium kiri dan ventrikel kiri
  • Katup aorta, yang membatasi ventrikl kiri dan aorta yang menuju ke seluruh tubuh

Katup terdiri dari daun yang terbuka untuk membiarkan aliran darah mengalir satu arah ketika bergerak menuju ventrikel jantung. Kemudian katup akan menutup sehingga darah tidak dapat mengalir mundur ke dalam atrium. Setiap katup biasanya memiliki tiga daun katup, kecuali untuk katup mitral, yang memiliki dua daun katup.

Baca Juga:  Luka Bakar - Gejala Luka Bakar Listrik

Salah satu dari empat katup dapat menjadi bocor. Ini berarti bahwa setelah jantung meremas dan memompa darah ke depan, beberapa darah akan bocor ke belakang melalui katup. Bocor melalui katup juga disebut regurgitasi katup.