Janis Gejala dan Pengobatan Faringitis

DokterSehat.com – Faringitis Virus merupakan penyakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti demam, nyeri di kepala, mual, tidak bergairah, batuk, radang pada hidung, bisa juga disertai suara serak. Untuk mengobati penyakit ini tidak membutuhkan antibiotik, cukup berikan obat-obatan yang bisa menghilangkan gejala-gejala yang menyertainya.

13

Selain Faringitis Virus, adapula Faringitis Streptokokus yang merupakan radang tenggorokan akibat bakteri streptokokus, khususnya streptokokus ß hemolitikus group A. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala, seperti demam tinggi, nyeri di perut, sakit kepala, muntah-muntah, tenggorokan nyeri, amandel membengkak dan berwarna merah.

Pada anak yang lebih besar terlihat ada lapisan seperti krim di amandel. Kelenjar getah bening di leher sering membengkak dan terasa nyeri bila ditekan. Berbeda dengan faringitis virus, penderita faringitis streptokokus tidak mengalami rhinitis, suara serak atau batuk.

Jika dibiarkan sampai berat, penyakit ini bisa menimbulkan radang ginjal, demam rematik akut, radang telinga bagian tengah, sinusitis, dan radang sekitar amandel yang bisa menimbulkan nanah.

Pengobatan penyakit ini bisa dengan Penisilin G. Obat akan bekerja dalam waktu 4-36 jam. Bila sudah dipastikan penyebabnya adalah streptokokus ß hemolitikus grup A maka pengobatan bisa diberikan paling sedikit selama 10-14 hari. Hal ini bertujuan untuk mengurangi insiden demam rematik. Berikan pula parasetamol atau aspirin untuk menghilangkan rasa sakit, dan menurunkan panas. Selain itu sebaiknya makan makanan yang lunak.