Janin Ternyata Bisa Mengingat Tawa Ibunya

DokterSehat.Com – Tak hanya membuat perubahan fisik bagi seorang wanita, kehamilan juga bisa memicu perubahan psikologis yang cukup signifikan. Tak percaya? Banyak ibu hamil yang mengalami stress atau emosi yang naik turun. Padahal, ibu hamil diminta untuk menjaga kondisi kesehatan psikologisnya agar tidak mudah terkena stress karena akan berpengaruh besar bagi kesehatan janin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Association for Psychological Science, janin yang sudah berusia enam bulan ternyata bisa terpengaruh oleh emosi ibunya dan hal ini bisa berdampak bagi perilaku anak saat sudah lahir nantinya.

doktersehat-hamil-minum-kopi

Pakar kesehatan menyebutkan jika selain stress, rasa bahagia dan tawa dari ibunya ternyata bisa mempengaruhi janin di dalam kandungan. Janet DiPietro, pakar kesehatan yang merupakan wakil dekan dari Universitas John Hopkins menyebutkan jika andai kita cek melalui USG, janin akan cenderung bergerak mengambang naik dan turun dengan kepala terangguk-angguk andai mendengar ibunya tertawa. Andai tawa ibu semakin keras dan lepas, gerakan janin bahkan bisa ikut semakin cepat.

Adanya gerakan ini membuat DiPietro yakin bahwa setiap emosi dan mood yang dirasakan ibu akan berpengaruh besar bagi kondisi janin. Menurut beliau, andai ibu hamil cenderung kerap gelisah dan stress, dikhawatirkan ia juga akan melahirkan anak yang cenderung lebih rewel dan mudah gelisah. Bahkan, anak yang terlahir dari ibu yang selama hamil mengalami depresi, akan memiliki resiko 1,5 kali lebih tinggi terkena depresi, gangguan emosi, dan perilaku agresif, tatkala usianya mencapai 18 tahun.

Emosi ibu hamil bisa memicu perubahan hormon yang akan ikut masuk ke dalam bayi melalui plasenta. Andai ibu hamil cenderung kerap tertawa dan berbahagia, maka produksi hormon endorphin dalam tubuhnya pun akan menjadi lebih banyak dan hal ini akan bisa membuat tubuh lebih rileks, sistem imun tubuh menguat, dan memperlancar sirkulasi dalam darah. Hal-hal tersebut ternyata juga bisa didapatkan oleh janin di dalam kandungan.

Baca Juga:  Dikira Gatal Biasa, Ibu Hamil Ini Ternyata Terkena Kondisi yang Serius

Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil harus lebih baik dalam menjaga emosinya. Andai ibu kerap tertawa dan berbahagia, perkembangan fisik dan psikis bayi juga akan semakin membaik dan saat terlahir nantinya, bayi pun akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan menyenangkan.