Janin Kekurangan Kalsium

DokterSehat.com – Pada saat hamil kita memang sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan/bidan minimal 1 bulan sekali. Pada saat tersebut mungkin dokter kandungan mengatakan bahwa terjadi kekurangan kalsium bagi janin dan kita diminta untuk memperbanyak asupan kalsium dengan cara meminum susu ibu hamil hingga 3 gelas sehari, betulkan hal ini dari sisi medis?



Sebetulnya hingga saat ini belum ada pemeriksaan khusus untuk mengetahui tingkat kalsium pada janin. Untuk itu diagnosa bahwa janin kekurangan kalsium seharusnya belum bisa dikeluarkan oleh dokter kandungan.

Kemungkinan besar, informasi yang diberikan oleh dokter kandungan adalah kekurangan kalsium dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan janin. Sebetulnya konsumsi susu hamil hingga 3 gelas sehari lebih dari cukup berhubung makanan kita juga mengandung kalsium.

Penyerapan kalsium dapat ditingkatkan dengan asupan vitamin D yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan sumber kalsium. Penyerapan kalsium juga kurang optimal apabila asupan kalsium dalam makanan berlebih karena darah sudah tidak dapat menyerap kalsium.

Konsumsi kalsium dalam porsi sedang dengan interval pendek hingga 4-6 jam lebih efektif dibanding konsumsi kalsium dalam jumlah banyak sekaligus. Konsumsi susu hamil pagi dan sore lebih disarankan dibanding meminum dua gelas sekaligus pada satu waktu.

Sumber : e-kehamilan.blogspot.com