Jangan Tidur Saat Pesawat Baru Lepas Landas

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengantuk saat menunggu pesawat yang ditumpanginya lepas landas, apalagi jika kita sedang melakukan perjalanan di jam yang paling pagi. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak tidur hingga pesawat melalui fase take off atau lepas landas karena hal ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-pesawat

Jika kita tidur saat pesawat sedang lepas landas atau tinggal landas di bandara, bisa jadi telinga kita berada dalam kondisi yang berbahaya. Hal ini disebabkan oleh perubahan tekanan udara yang sangat drastis saat pesawat sedang naik atau turun. Angela Chalmers, pakar kesehatan dari Inggris, menyebutkan bahwa perubahan tekanan yang sangat cepat ini bisa mempengaruhi tekanan udara yang ada dalam telinga. Hal ini akan memicu bagian dalam telinga yang disebut sebagai tabung eustachi mengalami kondisihampa udara yang akhirnya membuat sensasi tersumbat pada telinga.

US National Library of Medicine menyebutkan bahwa jika kita mengalami sensasi tersumbat ini pada telinga, maka kita akan mengalami sensasi kepala pusing dan beresiko terkena infeksi telinga, kerusakan pada gendang telinga, mimisan, atau bahkan menyebabkan gangguan pendengaran.

Alih-alih tidur, Chalmers menyarankan kita untuk kerap menelan atau menguap agar tabung eustachius ini terbuka sehingga udara bisa masuk dan keluar pada telinga tengah. Hal ini akan membantu menyeimbangkan tekanan pada gendang telinga kita. Selain cara tersebut, kita juga bisa mengunyah permen karet atau minum air putih demi mencegah masalah telinga tersumbat saat pesawat terbang.