Jangan Tidur Lagi Setelah Bangun Subuh

DokterSehat.Com – Tidur yang nyenyak dalam waktu yang cukup adalah salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Sayangnya, karena banyaknya kesibukan dan kebutuhan, kadangkala kita tidur pada jam yang cukup larut sehingga saat kita bangun di jam subuh, kita akan memilih untuk tidur kembali karena merasa waktu tidur kita tidak cukup. Sebenarnya, apakah tidak masalah andai kita tertidur kembali setelah bangun subuh karena ingin mendapatkan waktu tidur yang cukup?

doktersehat-kurang-tidur-diabetes-jantung

Pakar kesehatan dari RS dr. Sardjito, Yogyakarta, bernama dr. Astuti, SpS(K) menyebutkan jika ada baiknya memang kita tidak tidur kembali setelah bangun subuh. Menurut beliau, tidur adalah sebuah aktifitas yang memiliki siklus yang cenderung tetap dengan tujuan memperbaiki berbagai sel-sel tubuh yang ikut rusak saat melakukan berbagai aktivitas dan menetralkan berbagai racun yang masuk di dalam tubuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita mendapatkan waktu tidur yang cukup. Andai kita tidur kembali setelah bangun subuh, maka tubuh yang sebenarnya sudah bersiap diri untuk melakukan berbagai aktivitas justru dipaksa untuk melakukan relaksasi lagi dan hal ini bisa berimbas pada munculnya masalah kepala pusing dan badan yang terasa sangat tidak enak.

Andai hal ini terjadi, maka alih-alih merasakan tubuh menjadi lebih enak karena tidur kembali, yang terjadi adalah munculnya rasa tidak nyaman pada tubuh yang bisa menggangu aktivitas sehari-hari, khususnya dalam hal mendapatkan konsentrasi dan mood yang lebih baik.

Menurut dr. Astuti, tidur kembali setelah bangun subuh justru akan mengganggu siklus tidur. Menurut beliau, andai kita ingin selalu bangun dengan kondisi yang jauh lebih segar dan bugar, ada baiknya kita memperbaiki pola tidur dengan cara tidur lebih awal, membuat kondisi kamar menjadi lebih nyaman sehingga tidur kita menjadi lebih nyenyak, atau berkonsultasi dengan dokter agar kita bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.