Jangan Tertipu dengan Soda Diet Yang Rendah Kalori

DokterSehat.Com – Sebagian masyarakat kini memang telah menyadari betapa pentingnya menjaga gaya hidup sehat yang disertai dengan pola makan yang juga sehat. Keseimbangan makanan pun kini telah semakin diperhatikan sehingga sebisa mungkin kita pun mengkonsumsi makanan dengan lebih aman tanpa adanya resiko akan memiliki kandungan kolesterol, lemak, hingga gula darah yang berlebihan di dalam tubuh. Sayangnya, masih ada beberapa orang yang mudah tertipu dengan beberapa produk makanan atau minuman yang mengklaim produknya sangatlah sehat. Salah satu produk tersebut adalah soda rendah kalori.

doktersehat-soda-kaleng-kanker

Banyak orang yang berpikir jika soda rendah kalori akan bisa membuat mereka menikmati minuman soda favorit tanpa perlu lagi khawatir akan seberapa banyak kalori yang dikonsumsi. Soda biasa memang dikenal sebagai minuman yang kurang sehat dan meskipun kini sudah ada produk soda yang lebih rendah kalori, pakar kesehatan ternyata masih belum bisa menjamin minuman ini memang sebaik namanya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan bahwa dari 42.000 partisipan berupa pria dewasa yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman soda, baik itu soda biasa atau soda rendah kalori setidaknya dua porsi sehari ternyata memiliki resiko terkena penyakit jantung 23 persen jauh lebih besar. Bahkan pakar kesehatan menyebutkan jika, meskipun kalori dari soda rendah kalori lebih rendah dari soda biasa, hal ini tidak membuat minuman ini lebih aman dari soda biasa yang telah lebih populer di masyarakat.

Pakar kesehatan tetaplah menyarankan kita untuk menghindari minuman bersoda, entah itu berupa soda biasa maupun soda rendah kalori dan menggantinya dengan minuman lain yang jauh lebih sehat, khususnya air putih. Dengan menghindari minuman bersoda, maka kita pun akan mendapatkan resiko berbagai penyakit layaknya penyakit jantung, obesitas, hingga diabetes menurun dengan signifikan.