Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Roti Putih

DokterSehat.Com – Belakangan ini banyak orang yang menyukai roti putih. Selain bentuknya yang terlihat lebih bersih, roti putih juga dianggap lebih nikmat untuk dikonsumsi, khususnya jika dimakan untuk sarapan setiap hari. Sayangnya, dibalik kelezatan dari roti putih ini, terdapat banyak resiko kesehatan yang mengintai mereka yang sering mengkonsumsi roti putih seperti sebagai berikut.

doktersehat-roti

Laman Boldsky mengungkapkan jika roti putih adalah roti yang bisa membuat beberapa kondisi tubuh berubah. Sebagai contoh, banyak dari mereka yang mengkonsumsi roti putih setiap hari pada akhirnya mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Roti ini ternyata bisa membuat gemuk jika dikonsumsi rutin sebagai sarapan pagi. Meskipun mengenyangkan pada awalnya, kita akan cenderung cepat merasa lapar sebelum jam makan siang tiba. Dalam beberapa kasus, konsumsi roti putih bahkan bisa mengubah pola makan kita sehingga kita akan lebih senang mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula atau minyak-minyakan. Dengan alasan ini, kita pun justru akan mengkonsumsi camilan dalam jumlah yang lebih banyak dan pada akhirnya beresiko memiliki berat badan yang tidak ideal atau bahkan obesitas.

Roti putih ternyata termasuk dalam jenis makanan yang miskin serat. Makanan yang terbuat dari bahan tepung putih nan halus ini jika dikonsumsi berlebihan tentu akan bisa membuat kita terkena sembelit. Selain itu, roti putih yang kaya akan gula ini ternyata juga bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes. Bagaimana tidak, kita akan mengkonsumsi gula lebih banyak dari yang seharusnya dan akan memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Jika anda memiliki riwayat keluarga penderita diabetes, roti putih tentu sebaiknya dihindari.

Pakar kesehatan juga sangat tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsi roti putih dengan sering mengingat roti ini bisa membuat kita merasa lelah dan malas seharian. Kita pun akan sulit menyelesaikan berbagai tugas ataupun pekerjaan.