Jangan Terlalu Mengandalkan Google Jika Tak Mau Begini

DokterSehat.Com– Di zaman dimana teknologi sudah semakin maju seperti sekarang ini, kita sangat dimudahkan akan berbagai macam hal. Sebagai contoh, kita hanya perlu mengambil ponsel, membuka Google, dan mencari berbagai informasi yang kita butuhkan. Memang, hampir semua pertanyaan bisa dicari jawabannya di Google, namun, menurut pakar kesehatan, jika kita terbiasa mengandalkan Google, kita justru akan lebih meningkatkan resiko terkena demensia atau pikun saat tua nanti.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Fakta mengejutkan ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Frank Gunn-Moore yang berasal dari School of Biology, St. Andrews University. Dalam penelitiannya, ditemukan bahwa orang-orang yang terlalu mengandalkan internet alih-alih memakai daya ingatnya akan cenderung lebih beresiko terkena demensia. Mengingat sangat banyak orang yang kini mengandalkan internet, Prof. Gunn-Moore bahkan menyebutkan bahwa kita tinggal menunggu saja dalam beberapa tahun ke depan bagaimana efek dari penggunaan internet dengan berlebihan ini.

Prof Gunn-Moore menyebutkan bahwa kita kini cenderung langsung mencari segala sesuatu di internet daripada mencoba untuk mengingat kembali informasi dalam otak kita karena menganggapnya lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Padahal, hal ini akan berpengaruh besar bagi kesehatan otak kita. Secara perlahan, daya ingat dan fungsi otak akan semakin menurun dan dampaknya tentu saja akan membuat kita lebih mudah pikun saat usia tua nanti. Padahal, menjadi pikun di usia tua akan membuat kita mengalami penurunan kualitas hidup dengan signifikan.

Tak hanya penggunaan internet yang berlebihan, hal lain yang bisa semakin menurunkan kesehatan manusia adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau obesitas. Padahal, kedua hal ini juga akan ikut merusak kesehatan otak kita.