Jangan Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Daging

DokterSehat.Com – Jika kita cermati, kita akan cenderung lebih tertarik melihat makanan yang terbuat dari bahan daging jika dibandingkan dengan bahan makanan lainnya, khususnya dari sayur-sayuran. Dengan melihat makanan dari bahan daging saja, kita sudah bisa membayangkan nikmatnya rasa dari makanan ini. Memang, daging bisa memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sayangnya, jika kita mengkonsumsi daging secara berlebihan, kita bisa mendapatkan dampak buruk layaknya resiko terkena penyakit kanker yang meningkat. Pakar kesehatan dan gizi pun sudah banyak yang menyarankan kita untuk mulai membatasi konsumsi daging agar tidak berlebihan.

doktersehat-nugget

Meskipun terlihat berat, apalagi jika membayangkan rasa nikmat dari daging saat masuk ke dalam mulut, kita harus ingat bahwa bahan makanan selain daging juga bisa menawarkan kenikmatan yang sama meskipun rasanya berbeda. Sebagai contoh, makanan yang hampir semuanya terbuat dari sayuran layaknya gado-gado juga tidak kalah enaknya dari makanan daging, bukan? Selain itu, ingatlah bahwa harga dari daging cenderung jauh lebih mahal dari bahan makanan lain layaknya sayur-sayuran yang tentu akan berimbas pada budget belanja bulanan kita.

Memang, daging akan menawarkan kita kandungan protein dan zat besi yang penting bagi tubuh. Namun, ingatlah bahwa beberapa jenis bahan makanan nabati juga bisa menggantikan nutrisi-nutrisi tersebut dengan baik. Hal ini berarti kita masih bisa menggantikan daging dengan makanan lainnya. Satu hal yang harus kita cermati dari makanan daging adalah adanya kemungkinan meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya layaknya kanker, apalagi jika kita mengolahnya dengan cara dibakar. Kita tentu tidak akan masalah mengurangi porsi daging kita demi mendapatkan tubuh yang tetap sehat, bukan?

Dengan berbagai alasan tersebut, ada baiknya kita mulai menata ulang pola makan kita, khususnya dalam hal mengurangi porsi makan daging. Ingatlah bahwa pola makan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang adalah salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat. Jadi, tak ada salahnya untuk membatasi konsumsi daging dan menjadi vegetarian dalam satu atau beberapa hari, bukan?