Jangan Terlalu Banyak, Dua Gelas Air Sudah Cukup Untuk Sahur Kita

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang khawatir jika saat berpuasa nanti akan mengalami rasa haus atau dehidrasi. Demi menghindari hal ini, maka mereka pun akan mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup banyak saat sahur. Karena berpikir jika mereka harus mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap harinya, maka saat sahur pun mereka mengkonsumsi setidaknya 4 gelas air. Padahal, menurut pakar kesehatan, kita tidak perlu minum air sebanyak itu.

doktersehat-minum-air-botol

Pakar kesehatan dan gizi dari Universitas Gadjah Mada bernama dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz, RD, MPH menyebutkan jika meskipun kita memang perlu memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya, lambung yang ada dalam tubuh kita memiliki kapasitas yang terbatas. Jika kita mengkonsumsi air terlalu banyak saat sahur, bisa jadi perut kita akan kembung dan merasa tidak nyaman. Terlalu banyak asupan air juga kurang baik bagi kesehatan ginjal. Beliau sendiri menyarankan kita membagi asupan air minum agar tetap bisa memenuhi kebutuhan air harian, yakni dengan meminum dua gelas air di saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan sisanya 4 gelas saat di malam hari sebelum tidur.

Tak hanya membagi asupan air putih dengan baik, ada baiknya kita juga tidak sembarangan dalam memilih minuman yang kita konsumsi. Saat sahur, dr. Mirza tidak menyarankan konsumsi teh atau kopi karena bisa membuat produksi urine meningkat dan membuat kita lebih sering buang air kecil. Selain air putih, dr. Mirza menyarankan kita untuk mengkonsumsi susu dan air isotonik.

Mengapa kita harus memilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur? Sahur bisa menjadi sumber energi bagi kita untuk melakukan berbagai aktifitas seharian. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi sahur, kita juga akan tetap menjaga tubuh tetap bugar, tidak mudah lelah, dan tidak mudah jatuh sakit.