Jangan Sering Mencabut Bulu Ketiak, Ini Bahayanya

DokterSehat.Com – Kecantikan adalah salah satu senjata utama bagi para kaum wanita. Banyak wanita menganggap bahwa kecantikan dapat terpancar melalui kondisi fisik atau tubuh mereka. Bahkan banyak wanita yang rela melakukan banyak hal untuk mempercantik diri mereka dan melakukan berbagai cara agar dapat memiliki tubuh yang cantik dan menarik.



Salah satu elemen yang dianggap penting dalam menambah pesona dan daya tarik dari tubuh seorang wanita adalah dengan mulusnya bagian-bagian kulit dari bulu-bulu halus. Bulu-bulu pada kulit, terutama bagian kaki dan lengat adalah hal yang sangat wajar tumbuh tidak hanya pada pria, namun juga pada wanita. Maka dari itu, banyak wanita yang melakukan perawatan dengan cara melenyapkan bulu-bulu tersebut dengan cara mencabutnya, ataupun melakukan waxing.

Salah satu target operasi dari waxing atau pencabutan bulu ini adalah bulu-bulu yang berada pada bagian ketiak. Memang, tumbuhnya bulu pada bagian ketiak akan sangat mengurangi penampilan, terutama ketika mengenakan pakaian dengan lengan terbuka. Maka dari itu, banyak wanita yang mencabuti bulu ketiak dengan rutin. Hal ini dilakukan agar bagian ketiak terlihat mulus dan menarik, terutama ketika mengenakan pakaian yang memiliki lengan pendek.

Berikut dampak bahaya akibat anda terlalu sering mencabut bulu ketiak :

  • Bisa menimbulkan luka yang tidak kasat mata
    Apabila anda terlau sering mencabuti bulu ketiak yang sudah menjadi anugerah tuhan ini, maka hal demikian secara tak sengaja bisa menimbulkan luka yang mungkin tidak bisa terlihat oleh mata dengan jelas. Apakah itu? Perlu anda tahu bahwa pada bagian ketiak ini, sebenarnnya bagian tubuh yang kerap sekali mengeluarkan keringat. Dan keringat pada tubuh tersebut, pastinya memiliki kandungan kuman dan bakteri, yang semuanya itu bisa menjadikan tubuh anda terkena infeksi. Sehingga bila anda mencabut bulu-bulu pada ketiak, maka akan bisa menimbulkan luka yang tak kasat mata. Dan dari situ, terkadang anda akan merasakan perih dan sakit, namun luka tak terlihat. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa lebih waspada untuk tidak terlalu sering mencabuti bulu ketiak yang ada pada tubuh ini.
  • Memiliki resiko akan terkena kanker payudara
    Mengapa bisa demikian? Hal ini karena bila bulu-bulu ketiak tersebut sering dicabut, maka akan menjadikan toksin dan racun akan mengendap dan menumpuk di bagian payudara pada tubuh. Yang mana bagian tubuh tersebut memang berdekatan dengan ketiak. Sehingga dari situ akan bisa menjadikan kemungkinan besar akan terkenanya penyakit kanker payudara. Apalagi waktu penggunaan deodorant dalam kondisi tersebut, malah dapat menjadikan racun-racun yang menempel bisa lebih bertahan dan mengendap pada tubuh, terutama di bagian payudara. Oleh sebab itu, mencabut bulu ketiak dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.
  • Pembengkakan dan kanker kelenjar getah bening
    Tahukah anda, bahwa pada bagian sekitar ketiak ini terdapat banyak sekali kelenjar getah bening. Dan bila bulu-bulu ketiak tersebut kerap dicabut hingga bersih, maka akan bisa mentransportasi racun dan toksin untuk masuk ke dalam tubuh. Yang nantinya akan bisa menjadikan getah bening mengalami pembengkakan. Sehingga dari situ akan bisa memicu untuk memunculkan sel kanker. Dan perlu anda tahu, bahwa bagian kelenjar getah bening ini, sangatlah sensitif sekali akan terkena infeksi dengan sel kanker. Hingga sel kanker tersebut pada akhirnya akan mudah masuk ke seluruh bagian tubuh.
  • Menjadikan jalan masuknya toksin dan racun
    Mencabuti bulu ketiak bisa berdampak pada pelebaran jalan toksin dan racun, sehingga bisa masuk dengan mudah di dalam tubuh. Hal demikian karena jika anda sering mencabut bulu ketiak ini, maka secara tidak langsung pori-pori yang berada di daerah sekitar ketiak, bisa semakin membesar. Sehingga racun dan toksin tersebut akan masuk dan mengganggu kesehatan tubuh, yang tentunya bisa menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh. Diantaranya penyakit-penyakit tersebut layaknya terjadinya pendarahan, iritasi pada sel-sel di sekitar ketiak, infeksi, pembengkakan pada bigian ketiak dan lainnya. Oleh karena itu, tentunya anda bisa lebih waspada untuk tidak sering mencabuti  bulu-bulu ketiak pada tubuh.
Baca Juga:  Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Oleh karena itu, untuk lebih aman dalam membersihkan bulu ketiak, alangkah baiknya anda tidak terlalu sering mencabutnya, atau cukup mengguntingnya saja dengan gunting kecil atau gunting khusus, sehingga tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan anda.