Jangan Sepelekan Sakit Batuk

DokterSehat.Com – Sakit batuk adalah salah satu gangguan kesehatan yang mudah menyerang siapa saja. Sakit batuk kerap kali dianggap sebagai hal yang ringan mengingat kita bisa dengan mudah mengobatinya dengan obat warung atau bahkan dengan beberapa campuran herbal. Sayangnya, menyepelekan sakit batuk adalah hal yang kurang bijak mengingat batuk yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama ternyata bisa menjadi alarm bahaya bagi tubuh.

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Batuk yang membuat tenggorokan sangat gatal dan sakit ternyata menjadi tanda dimana sistem imun tubuh sedang melemah. Namun, batuk juga menjadi cara alami bagi tubuh untuk meredakan sumber iritasi yang ada pada tenggorokan. Udara yang dikeluarkan oleh paru-paru akan mendorong penyebab batuk layaknya lendir atau bakteri sehingga membuat kita terbatuk-batuk. Batuk sendiri secara medis bisa dibagi menjadi batuk berdahak, batuk kering, dan juga batuk alergi. Ketiga jenis batuk ini bisa dengan mudah dikenali dari suaranya. Untuk batuk berdahak, saluran pernafasan pada tenggorokan telah dipenuhi oleh banyak lendir yang menghambat keluar-masuknya udara. Sementara itu, batuk kering justru akan sangat terasa sangat perih dan gatal karena tenggorokan cenderung teriritasi dan terineksi oleh virus. Sementara itu, batuk yang disebabkan oleh alergi cenderung akan membuat tenggorokan gatal-gatal dan juga berimbas pada hidung yang bisa tersumbat atau bersin-bersin.

Selain iritasi dan alegen, batuk kerap kali disebabkan oleh virus atau bakteri. Hal inilah yang membuat batuk tidak bisa disepelekean begitu saja. Sebelum kita asal membeli obat warung yang memang dikhususkan untuk meredakan batuk, ada baiknya kita mengenali dulu apa saja penyebab batuknya pada dokter. Secara umum, pilihan obat bagi penyakit batuk adalah ekspektoran yang bisa mengencerkan lendir dan juga antitusif yang bisa menekan batuk. Namun, batuk terkadang juga bisa menjadi gejala penyakit saluran pernafasan lain yang berbahaya, apalagi jika batuk disertai dengan keluarnya bercak darah atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Batuk yang seperti ini tentu harus diperiksakan dahulu ke dokter agar bisa mendapatkan penangan yang tepat dan bisa segera disembuhkan.