Jangan Sepelekan Rasa Kesepian Karena Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Banyak masyarakat modern, khususnya yang tinggal di dalam kota dimana aktifitas harian bisa sangat menyibukkan, mengalami masalah mendapatkan waktu untuk bersosialisasi diri. Tak jarang kita mendapati pekerja di kota-kota besar yang merasa sendiri dan kesulitan mendapatkan jodoh karena kesibukan ini. Meskipun terlihat sebagai hal yang biasa, rasa kesepian ini ternyata bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya.

doktersehat-autis-autisme

Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi psikologis seseorang ternyata bisa berpengaruh besar pada kesehatan fisiknya. Mereka yang sering merasa kesepian ternyata memiliki kecenderungan mengalami depresi yang akut. Apalagi jika Ia semakin jarang bersosialisasi dengan orang lain. Kesepian yang semakin parah ternyata bisa memicu aktifnya hormon stress yang bisa memicu depresi parah. Dalam beberapa kasus, mereka yang sendirian bahkan bisa memiliki resiko menurunnya kesehatan fisik dengan signifikan. Mereka yang mengalami kesepian juga cenderung melakukan pola makan yang lebih tidak sehat. Tanpa adanya saran dari orang lain untuk melakukan pola makan yang lebih sehat, mereka yang kesepian akan cenderung banyak memakan makanan tidak sehat layaknya junk food dan bahkan bisa memakannya dalam waktu yang cenderung tidak sehat layaknya tengah malam.

Rasa sepi yang melanda psikologis seseorang ternyata bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Fakta ini dikemukakan oleh penelitian yang dilakukan di Harvard pada tahun 2012 dimana resiko terkena penyakit jantung bisa lebih tinggi 24 persen jika seseorang merasa kesepian. Tanpa adanya interaksi sosial dan dukungan secara moral dari orang lain, rasa stress bisa melanda pikiran dan mempengaruhi organ jantung. Hormon stress akan membuat kadar kolesterol meningkat dan adanya kecenderungan orang yang kesepian untuk jarang bergerak, maka resiko terkena penyakit jantung pun meningkat tajam.

Baca Juga:  Tes pendengaran

Kesepian juga akan cenderung membuat sistem kekebalan tubuh menurun dengan tajam. Rasa kesepian ternyata bisa membuat tubuh lebih mudah terkena inflamasi atau peradangan. Dalam beberapa kasus, mereka yang kesepian akan jauh lebih mudah terkena alzheimer, diabetes tipe dua, dan juga penyakit jantung.