Jangan Sepelekan Perut Buncit Pada Pria

DokterSehat.Com – Ada sebuah kelakar yang dikenal oleh masyarakat luas tentang perut buncit pada pria. Jika pria berusia 20an atau 30an sudah memiliki perut yang membuncit, maka ini adalah saatnya bagi mereka untuk segera menikah. Sebagian pria dewasa di usia lebih dari 30an memang cenderung memiliki perut yang membuncit dan sayangnya hal ini ternyata dianggap sebagai hal yang normal. Padahal, perut yang membuncit bagi pria bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Pakar kesehatan menyebutkan jika perut yang membuncit pada pria ternyata menjadi faktor utama pemicu penyakit obstructive sleep apnea (OSA) atau berhentinya nafas saat tidur. Banyaknya tumpukan lemak visceral yang membuat perut menjadi sangat besar bisa menyebabkan masalah ini. Selain itu, diketahui jika banyaknya lemak visceral pada tubuh pria menjadi pemicu utama meningkatnya resiko penyakit jantung dan kardiovaskular lainya, serta penyakit diabetes.

Sebuah penelitian terbaru yang mempelajari kaitan antara obstructive sleep apnea dengan lemak visceral pada pria dilakukan di Jepang. Dari penelitian ini, diketahui bahwa jika dibandingkan dengan kaum hawa, pria memiliki resiko lebih besar mengalami penumpukan lemak visceral, khususnya pada bagian perut. Banyaknya lemak visceral yang menumpuk ini pada akhirnya memicu pernafasan yang terhenti sementara dengan rentang waktu beberapa detik hingga dua menit lamanya yang kemudian berlanjut dengan pernafasan normal. Yang menjadi masalah adalah, jika pria mengalami gangguan obstructive sleep apnea ini, dikhawatirkan Ia juga mengalami masalah tingginya kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Karena adanya obstructive sleep apnea, tekanan parsial aliran oksigen dalam darah pun cenderung menurun dan menyebabkan masalah hipoksemia. Jika hipoksemia, obesitas, dan timbunan lemak visceral dimiliki oleh seorang pria, maka jadilah resiko terkena penyakit kardiovaskular meningkat tajam.

Baca Juga:  Adakah Cara Membersihkan Telinga Dengan Aman?

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya pria mencegah perutnya agar tidak mengalami pembuncitan sejak dini. Selain mengatur pola makan yang lebih sehat, ada baiknya pria rutin melakukan olahraga agar tidak mengalami masalah perut buncit.