Jangan Sepelekan Munculnya Demam Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Ibu yang sedang hamil memang bisa mengalami perubahan fisik sehingga membuat mereka cenderung mudah terkena flu, kelelahan, atau bahkan demam. Meskipun terlihat layaknya masalah kesehatan yang ringan, pakar kesehatan ternyata mewanti-wanti ibu hamil untuk mewaspadai munculnya demam. Bisa jadi, demam ini adalah tanda akan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti berikut ini.

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

Korioamnionitis
Andai ibu hamil mengalami demam tinggi dan disertai dengan munculnya keringat berlebihan, peningkatan denyut jantung, dan keluarnya keputihan yang tidak biasa, bisa jadi hal ini terjadi karena masalah korioamnionitis. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri pada selaput janin. Andai korioamnionitis ini tidak diobati dengan benar, dikhawatirkan akan memicu infeksi pinggul, infeksi perut, atau pembekuan darah pada ibu hamil. Selain itu, hal ini juga bisa memicu infeksi pada bayi sehingga saat terlahir dikhawatirkan bayi akan terkena masalah pernafasan.

Listeriosis
Listeriosis adalah infeksi yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Andai ibu hamil mengalaminya, sistem kekebalan tubuhnya cenderung mengalami gangguan sehingga akan menimbulkan demam, diare, mual-mual, nyeri otot, sakit kepala, kaku pada leher, hilangnya keseimbangan, atau bahkan kejang-kejang. Andai hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan bisa memicu kelahiran prematur, keguguran, hingga infeksi berbahaya pada bayi.

Agar tidak mudah terkena penyakit listeriosis ini, ada baiknya ibu hamil menghindari makanan daging olahan layaknya nugget, sosis, atau makanan kaleng yang mengandung bahan pengawet. Selain itu, andai ibu hamil suka dengan makanan laut, pastikan makanan laut ini tidak memiliki kandungan merkuri berlebihan dan sudah dimasak dengan matang.

Infeksi rahim
Semanjak trimester pertama kehamilan, ibu bisa saja mengalami infeksi rahim yang disebabkan oleh proses pembedahan akibat keguguran di waktu lampau. Andai hal ini terjadi, ibu bisa mengalami demam tinggi, nyeri perut yang luar biasa, hingga tubuh yang menggigil. Pastikan ibu hamil segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena andai tidak segera diobati, bayi beresiko tinggi terkena gangguan pernafasan.