Jangan Sepelekan Kotoran yang Keluar Dari Mata Secara Terus Menerus

DokterSehat.Com – Kotoran pada mata kerap kali muncul tatkala kita bangun tidur. Kadangkala, kotoran ini masih dalam bentuk lembek, namun tak jarang juga kotoran ini sudah mengeras. Pakar kesehatan menyebutkan jika kotoran mata ini adalah hasil dari mekanisme alami tubuh yang melakukan pembersihan alami pada bagian mata saat kita tertidur. Sayangnya, kotoran mata ini bisa saja muncul secara terus-menerus meskipun kita tidak dalam kondisi tidur atau bangun tidur. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada dua jenis munculnya kotoran dari mata secara terus menerus; yakni yang terjadi karena iritasi dan yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya, kotoran mata yang muncul secara terus-menerus dan disebabkan oleh iritasi akan muncul dalam bentuk yang lengket dan disertai dengan mata yang agak kemerahan. Orang yang bekerja dalam waktu yang lama di ruangan ber-AC dimana mata akan mudah menjadi kering atau yang bekerja di luar ruangan dimana banyak sekali polusi yang bisa membuat mata iritasi akan cukup sering mengalami masalah ini. Beruntung, masalah ini cukup mudah diatasi dengan meneteskan obat tetes mata saja sehingga mata pun kembali lembab dan bersih.

Yang agak berbahaya adalah jika kotoran mata yang keluar terus-menerus ini disebabkan oleh peradangan yang dipicu oleh bakteri. Biasanya, warna kotoran mata akan berupa kuning keruh atau kehijauan dengan mata yang sangat merah. Kita bisa terkena masalah ini jika kerap mengucek mata sembarangan dengan jari tangan yang masih kotor. Hal ini ternyata bisa memicu glaukoma yang jika tidak ditangani dengan benar, dikhawatirkan akan mampu membuat penurunan daya penglihatan pada mata. Untuk mengatasinya, ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini ke dokter mata agar mendapatkan perawatan medis yang benar. Sementara itu, ada baiknya kita mulai menurunkan kebiasaan mengucek mata dengan jari tangan karena hal ini ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan mata kita.